Heboh Surat Suara di Malaysia Tercoblos 01, Jokowi: Nggak Usah Diangkat Isu-isu yang Nggak Jelas


SURATKABAR.ID Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kasus temuan surat suara yang telah tercoblos paslon 01 diserahkan pengusutannya kepada Bawaslu.

Jokowi juga mengingatkan agar tidak mengangkat wacana yang yang belum jelas. “Ya dicek sajalah, kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu. Mekanismenya jelas kok, nggak usah diangkat isu-isu yang nggak jelas,” ujar Jokowi kepada wartawan di Depok, Kamis (11/4/2019), dikutip dari detik.com.

Sementara itu, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mochammad Afifuddin memastikan bahwa surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, adalah asli. Surat suara yang ditemukan tersebut dalam keadaan telah tercoblos capres nomer urut 01 dan yang untuk pemilihan legislatif tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Mau Umrah? Menangkan Dulu 01

Afifuddin menegaskan jika informasi itu sudah terkonfirmasi oleh jajaran Panwaslu Kuala Lumpur yang mendatangi lokasi penyimpanan surat suara tersebut.”Dalam konfirmasi jajaran kami, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) sudah dipastikan dan dijawab huruf tebal, dia pastikan (surat suara tercoblos itu) asli,” ujar dia dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019), dikutip dari tempo.co.

Menangapi hal ini, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan TKN sudah mendelegasikan anggotanya untuk mengecek kabar adanya surat suara tercoblos tersebut. Selain TKN, Hasto juga mengirimkan anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk mengawal.