Ketika Jokowi Dihadang Warga Papua


SURATKABAR.ID – Saat calon presiden petahana Ir. Joko Widodo (Jokowi) mengadakan kunjungan ke Papua Barat, ratusan warga di sana mengadang kendaraannya. Pengadangan itu terjadi pada Senin (01/04/2019) di lingkungan Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat.

Dilansir dari laporan TribunNews.com, Selasa (02/04/2019), Jokowi bersama istrinya Iriana Joko Widodo mendarat di bandara tersebut sekitar pukul 21.30 WIT dan langsung masuk ke mobil Toyota Innova warna hitam.

Namun saat kendaraan Jokowi dan rombongan keluar pagar bandara, ratusan warga lokal Papua Barat langsung mendekati mobil capres nomor urut 01 tersebut.

Jokowi tampak melambaikan tangannya dari dalam mobil sembari membagikan kaos berwarna putih. Warga pun semakin banyak yang mendekati mobil yang ditumpangi Jokowi dan memintanya untuk keluar.

“Lanjutkan pak Jokowi, keluar-keluar,” teriak warga Papua Barat.

Baca juga: Pasang Target Suara di Papua, Jokowi: Saya Minta Minimal 85 Persen

Permintaan warga itupun dikabulkan Jokowi. Ia lantas membuka pintu mobilnya dan berdiri di sela pintu. Jokowi tampak melambaikan tangannya serta melempar senyum kepada warga yang datang menghadang.

Dan ketika menyapa warga, Jokowi sempat bersikap hormat kepada mereka yang ada di sekeliling mobilnya.

Di Sorong, ia dijadwalkan melakukan kampanye indoor di Aimas Convention Center dan bermalam di salah satu hotel di Sorong.

Janji Tahun 2020 Jalan Kabupaten-Kota Papua Barat Tersambung

Menukil Detik.com, Jokowi mengaku mendapat laporan soal masih banyaknya jalan antarkabupaten dan antarkota di Papua Barat yang belum tersambung. Dia lalu berjanji, pada 2020 jalan antarkabupaten dan antarkota di Papua Barat semuanya akan tersambung.

“Kita harus menyadari bahwa hubungan antara kabupaten-kota di seluruh Provinsi Papua Barat ini ada yang belum sambung. Ada Fakfak ke Kaimana belum sambung ya, Pak Bupati. Tapi saya janji, 2020 itu sudah sambung,” ujar Jokowi saat berkampanye di Aimas Convention Centre, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (01/04/2019).

Pernyataan Jokowi ini sontak disambut meriah oleh ribuan pendukungnya di acara kampanye dalam ruangan tersebut. “Jokowi! Jokowi! Jokowi!” teriak pendukungnya.

“Jokowi sekali lagi!” timpal pendukung lainnya.

Tak hanya menyoal pembangunan jalan, Jokowi juga menyinggung infrastruktur bandara dan pelabuhan di Sorong. Ia menyebutkan pihaknya akan menginventarisasi persoalan pembangunan di Kota Sorong dan segera mengeksekusinya.

“Ada juga beberapa airport dan pelabuhan yang tadi Pak Gubernur bisikkan ke saya, ‘Pak, ini perlu diperpanjang runway-nya’, ‘Pak, ini pelabuhan perlu diperbesar’. Nanti saya minta tim cek di lapangan agar secepatnya kita penuhi,” ucap Jokowi.

Jokowi juga memastikan jalan antarkota antarprovinsi (AKAP) semuanya akan teraspal tahun ini.

“Ada juga beberapa jalan AKAP terhubung, tersambung, belum diaspal, saya pastikan tahun ini akan mulai diaspal,” katanya.

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur memang sangat dibutuhkan di Papua Barat. Hal itu untuk menumbuhkan ekonomi di Papua Barat.

“Karena infrastruktur itu, baik jalan, airport, pelabuhan, itu akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Jadi kita inginkan infrastruktur itu juga tidak yang gede-gede, tapi dengan ada dana desa, kita harapkan juga yang lebih baik,” papar Jokowi.

“Dana desa itu memang harus dilanjutkan, karena desa kita memerlukan infrastruktur meski jalan kecil, jalan ke sawah, itu juga diperlukan. Jadi yang kita pikirkan bukan hanya infrastruktur besar, tapi juga yang kecil,” tambah Jokowi menjelaskan.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.