Bonek Hujani Stadion Bung Tomo dengan Ribuan Boneka, Ternyata Ada Tujuan Mulia di Baliknya


SURATKABAR.ID – Puluhan ribu boneka yang menghujani Stadion Bung Tomo Surabaya menimbulkan decak kagum dari masyarakat. Aksi menghujani stadion oleh para Bonek tersebut dengan puluhan ribu boneka itu ternyata mempunyai tujuan mulia di baliknya. Dengan diprakarsai oleh maskot Persebaya, Jojo dan Zoro, aksi menghujani stadion bola dengan boneka itu rupanya diperuntukkan kepada anak-anak penderita kanker.

Seperti dilansir dari Medan.TribunNews.com, Sabtu (30/03/2019), ide untuk aksi kemanusiaan ini awalnya muncul pada Desember 2018, sewaktu diadakan kunjungan ke RS dr Soetomo dalam rangka menyemangati anak-anak penderita kanker.

Ketua Panpel Persebaya Whisnu Sakti Buana mengaku sangat terharu saat ribuan bonek melempar boneka demi menghibur anak-anak penderita kanker.

“Ini menunjukkan ke semua publik sepak bola tanah air, kalau Bonek sekarang sudah berubah,” ujar Whisnu sebagaimana dikutip SuperBall.id dari halaman Persebaya, Jumat (29/03/2019).

“Kita belum sepenuhnya baik, namun akan terus berjuang untuk menjadi lebih baik,” imbuh Wishnu.

Baca juga: Viral Pasutri Ditegur Petugas Gara-Gara Berpegangan Tangan di Pantai, Kronologinya Bikin Netizen Murka

Aksi yang diberi nama Hujan Bonek di GBT tersebut sontak langsung membuat suasana stadion bergemuruh. Sekitar 20 ribu boneka dikumpulkan di Sentel Ban setelah pertandingan usai. Boneka dalam jumlah banyak tersebut akan diberikan kepada anak-anak penderita kanker.

Tak hanya panpel, Pelatih PS Tira-Persikabo Rahmad Darmawan juga mengaku ikut takjub dengan aksi para bonek tersebut.

“Luar biasa, semoga ini bisa ditiru di stadion-stadion lain di tanah air,” tandas Rahmad Darmawan.

Seperti diketahui, Bonek merupakan akronim bahasa Jawa dari Bondho Nekat (Bondho dan Nekat), yang umumnya ditujukan kepada suporter kesebelasan Persebaya Surabaya. Juga terdapat istilah Bonita (Bonek Wanita) untuk sebutan Bonek wanitanya.