Bukan Sandiaga, Keluarga Uno di Gorontalo Malah Dukung Jokowi. Ini Alasannya


SURATKABAR.ID – Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) kembali mendapatkan dukungan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Kali ini dukungan untuk capres nomor 01 datang dari keluarga calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Uno.

Jokowi, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com, pada Jumat (1/3/2019), mengaku dibuat heran dengan hal tersebut. Pasalnya, alih-alih memberikan dukungan untuk Sandiaga, keluarga Uno laman mendukung untuk dirinya dan cawapresnya, Ma’ruf Amin.

“Ya, harusnya itu keluarga Pak Sandi Uno itu dukung ke Pak Sandi Uno, yang benar itu. Kok dukungannya ke saya?” ungkap Jokowi heran kepada wartawan di Desa Motilango, Gorontalo, pada Jumat (1/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku sangat bingung dengan apa yang membuat keluarga Uno malah memberikan dukungan kepada pasangan nomor urut 01. Padahal Jokowi-Ma’ruf merupakan saingan dari Sandiaga Uno yang mendampingi Prabowo Subianto.

“Ya, harusnya logikanya kan harusnya saudara Sandi Uno itu dukungnya ke Pak Sandi. Ya kalau ke saya, ya terima kasih,” tutur Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga: Foto-Foto Sambutan Warga Madura kepada Prabowo Ini Bikin Merinding

Ketika ditanyai apakah dukungan yang datang dari keluarga Sandiaga akan membawa keuntungan besar bagi dirinya, Jokowi menyinggung masalah persepsi dari masyarakat. Sekali lagi ia mengungkapkan kebingungannya tentang alasan keluarga pasangan capres Prabowo itu malah mendukungnya di pilpres kali ini.

“Ya, tentu saja akan timbul sebuah persepsi yang baik saudara-saudara Pak Sandi malah dukung kita, kan menimbulkan persepsi,” ujar Jokowi lebih lanjut.

“Tapi yang benar, yang benar ya mestinya saudara Pak Sandi Uno itu dukungannya ke Pak Sandi, yang benar. Tapi kelihatannya ini yang benar,” imbuhnya sembari terkekeh.

Seperti yang diketahui, keluarga Uno di Gorontalo sudah mendeklarasikan dukungannya teruntuk Jokowi untuk memimpin Indonesia satu periode lagi. Bahkan Jokowi juga menghadiri acara deklarasi dukungan tersebut.

Perwakilan dari keluarga Uno, Rudi Hartono Uno, menjelaskan mengapa keluarganya tak memberikan dukungan kepada saudaranya dalam pilpres April mendatang. Sepanjang pembacaan deklarasi dukungan di Hotel Maqna, Gorontalo, pada Kamis (28/2) malam tersebut, seruan Jokowi memenuhi ruangan.

“Mencermati kinerja Pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo selama hampir satu periode ini. Terutama perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo, yang sungguh-sungguh telah kami rasakan selama ini, maka kami keluarga Uno telah bersepakat untuk mendukung sekali lagi Bapak Jokowi sebagai Presiden RI,” ungkap Rudi Uno tegas.

“Memang kami menyadari ada salah satu bagian dari keluarga besar kami yang juga ikut dalam kontestasi pemilihan presiden/wakil presiden saat ini. Namun dengan besar hati, kami harus menyampaikan bahwa kepentingan bangsa dan negara sungguh jauh lebih penting dari sekadar kepentingan keluarga,” sambung Rudi.