NU Minta Warga Non Muslim Tak Dipanggil Kafir


 

sumber: tempo.co

SURATKABAR.ID Sidang Komisi Bahtsul Masail Maudluiyyah, Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama (NU), mengusulkan agar NU tidak menggunakan sebutan kafir untuk warga negara Indonesia yang tidak memeluk agama Islam.

Menurut Pimpinan sidang, Abdul Moqsith Ghazali, para kiai meyakini bahwa sebutan kafir bisa menyakiti hati orang yang tak beragama Islam.

“Dianggap mengandung unsur kekerasan teologis, karena itu para kiai menghormati untuk tidak gunakan kata kafir tapi ‘Muwathinun’ atau warga negara, dengan begitu status mereka setara dengan warga negara yang lain,” katanya di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar, Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019), dikutip dari tempo.co

Baca Juga: Jokowi Keliru Data di Debat Capres, Ketum PPP: Manusia Itu Tempatnya Salah dan Lupa

Walau demikian, hal itu bukan berarti NU bakal menghilangkan eluruh kata kafir di Al Quran atau hadis. Keputusan dalam Bahtsul Masail Maudluiyyah ini hanya berlaku pada penyebutan kafir untuk warga Indonesia yang nonmuslim. “Memberikan label kafir kepada WNI yang ikut merancang desain negara Indonesia rasanya tidak cukup bijaksana,” ucapnya.

Moqsith berujar keputusan terkait penyebutan ‘kafir’ ini sebatas menjadi dasar sikap NU. Sebabnya, keputusan itu tidak akan diteruskan ke Komisi Rekomendasi dan dibawa ke dalam sidang pleno di acara Munas Alim Ulama ini.

Selain itu, sidang komisi bahstul masail ad-diniyyah al-waqiiyyah mendiskusikan hak vonis sesat oleh pemerintah terhadap pribadi, kelompok keagamaan, dan aliran kepercayaan tertentu yang dinilai menyimpang dari ajaran agamanya.

Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Pati Jawa Tengah Aniq Muhammadun mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki hak untuk menjatuhkan vonis sesat terhadap pihak-pihak mana pun.

“Pemerintah tidak berhak memvonis, tetapi harus melakukan pembinaan terhadap kelompok aliran sesat,” tegas Aniq, dikutip dari viva.co.id.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBelum Lupa Artis Ini, Kan? Kehidupannya Kini Sudah Berubah, Ternyata Dia…
Berita berikutnyaFoto-Foto Sambutan Warga Madura kepada Prabowo Ini Bikin Merinding