Catat! Bisa Jadi Sarang Kuman, Jangan Tinggalkan 7 Benda Ini di Kamar Mandi. Nomor 1 dan 3 Paling Sering Dilakukan


SURATKABAR.ID – Kamar mandi sudah menjadi pusat rutinitas kita di pagi hari. Beberaoa benda sering kita tinggalkan di tempat ini demi memudahkan penggunaan. Sikat gigi salah satunya. Hal ini seolah sudah menjadi kebiasaan dengan alasan kepraktisan.

Tapi apakah Anda benar-benar yakin benda-benda tersebut terjaga kebersihannya di dalam kamar mandi?

Pada kenyataannya, kamar mandi sendiri merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak bakteri dan racun berbahaya di segala penjuru rumah. Dan menyimpan benda-benda di kamar mandi bisa mendatangkan masalah kesehatan bagi Anda serta anggota keluarga yang lain.

Berikut 7 benda yang biasanya ditinggalkan orang di kamar mandi mereka, seperti yang dihimpun dari laman Tribunnews.com pada Sabtu (23/2/2019):

Sikat Gigi

Urutan pertama ada sikat gigi. Dengan menyimpan sikat gigi di kamar mandi memudahkan kita ketika ingin menggunakannya. Padahal ada risiko yang membayanginya. Terutama jika ada orang lain yang juga ikut memakai ruangan tersebut.

Baca Juga: Gawat! Sering Dibawa Anak-Anak Mandi, Isi Bebek Mainan Bisa Mengancam Nyawa

Terlepas dari cara menyimpannya, para peneliti di University of Quinnipiac, Conneticut, mengungkapkan masalah tinja ditemukan di 60 persen sikat gigi yang di simpan di kamar mandi bersama. Artinya meski Anda punya kebiasaan baik, jika sikat gigi ditinggal di kamar mandi akan membuat bakteri tumbuh.

Obat-Obatan

Ada beberapa kasus yang membuat obat-obatan kehilangan efektivitasnya bahkan sebelum tiba masa kadaluarsa. Salah satunya ketika kita menyimpannya di dalam ruangan yang lembab. Karena obat-obatan wajib disimpan yang kering meski masih berada dalam kemasan aslinya.

Pisau Cukur

Masalah kelembaban menjadi musuh bagi pisau cukur. Kandungan air yang berlebihan dapat membuat pisau cukur dengan cepat berkarat. Bahkan meski Anda sama sekali belum pernah menggunakannya. Karena itu mulai sekarang berhenti menyimpan pisau cukur di kamar mandi, ya?

Riasan Wajah

Benda lain yang juga sering ditinggalkan di kamar mandi adalah riasan. Padahal hal tersebut bisa membuatnya menjadi tak tahan lama. Sama seperti obat-obatan, menyimpan riasan di tempat lembab dapat membuatnya lebih cepat kadaluarsa sebelum tanggal resmi kadaluarsa di kemasan.

Parfum

Jika Anda meninggalkan parfum favorit di dalam kamar mandi dalam waktu yang lama justru akan menimbulkan bau tak sedap. Gabungan suhu dan uap yang tinggi menjadi penyebab aroma parfum berubah.

Perhiasan

Tak berbeda dengan pisau cukur, meninggalkan perhiasan di kamar mandi bisa berdampak buruk. Perhiasan akan terpengaruhi kelembaban udara di dalam kamar mandi. Untuk perhiasan imitasi atau perhiasan yang dilapisi logam akan berubah warna.

Sisir

Kuman cinderung berkumpul di sisir yang ditinggalkan di kamar mandi. Faktor kelembaban yang tinggi di dalam kamar mandi menjadi penyebab bakteri dan jamur tumbuh dengan mudah di sisir yang Anda tinggalkan.

Itulah ketujuh benda yang sebaiknya tidak Anda tinggalkan lagi di kamar mandi jika ingin kebersihan dari benda-benda tersebut tetap terjaga.