Jokowi Klaim Tak Punya Potongan Diktator dan Rekam Jejak Pelanggaran HAM, Kekerasan atau Korupsi


SURATKABAR.ID – Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengklaim bahwa dirinya dan calon wakil presiden (cawapres) Ma’ruf Amin sama-sama mengetahui apa yang harus mereka lakukan jika nanti memenangkan kontes Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal tersebut, seperti yang dihimpun dari laman Tribunnews.com pada Jumat (18/1/2019), disampaikan Jokowi dalam pernyataan pamungkas debat perdana Pilpres 2019 yang dilangsungkan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Kamis (17/1) malam.

Pada saat itu, pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masing-masing diminta untuk menyampaikan pertanyaan penutup yang menyejukkan dan menyampaikan hal-hal positif mengenai lawan debat mereka.

“Kami tidak punya potongan diktator atau otoriter. Kami tidak punya rekam jejak melanggar HAM, kami tidak punya rekam jejak melakukan kekerasan, kami juga tidak punya rekam jejak melakukan korupsi,” tutur Jokowi jelang akhir debat capres kemarin.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan bahwa dirinya didampingi pasangan pilihannya, Ma’ruf Amin, akan mempertaruhkan jabatan serta reputasi untuk kemaslahatan bangsa dan negara. Ia juga mengatakan akan menggunakan semua kewenangan yang dimiliki.

Baca Juga: Ulasan Debat: Dua-Duanya Ngawur, Prabowo-Sandi Lebih Unggul Jokowi-Ma’ruf Tegang

“Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi dan akan kami gunakan semua kewenangan yang kami miliki untuk perbaikan bangsa,” imbuh calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Di akhir kesempatan memberikan pernyataan, Jokowi masih memiliki sisa waktu untuk berbicara selama 1 menit 20 detik. Namun ketika ditanyai apakah ingin menggunakan kesempatan tersebut untuk menambahkan pernyataan, Jokowi dengan tegas menolak karena merasa sudah cukup.

“Cukup, kami ingin bekerja,” tegas Jokowi sembari membuka dua kancing lengan kemeja panjangnya lalu kemudian menggulungnya.

“Ada hal-hal positif yang diapresiasi dari lawan debat?” tanya moderator debat perdana Pilpres 2019, Ira Koesno.

“Cukup,” sahut Ma’ruf Amin yang sepanjang sesi debat hanya beberapa kali mengeluarkan pendapatnya.

Mendengar jawaban dari cawapresnya, Jokowi pun mengamini.