Naik Mobilio Curi Kotak Amal Masjid Jami’ Darul Bekasi Berisi Rp 20 Ribu, Begini Muslihat Licik Pelaku


SURATKABAR.ID – Aksi pencurian kotak amal yang berhasil terekam kamera CCTV di sebuah masjid kembali menjadi perbincangan penghuni jagat maya. Terlebih lagi pelaku pencurian mengendarai mobil Honda Mobilio.

Dilansir dari laman Tribunnews.com pada Selasa (15/1/2019), Kapolsek Babelan Kompol Dumyati Saleh mengungkapkan pengemudi Honda Mobilio mencuri kotak amal di Masjid Jami’ Darul Amal, Babelan, Kabupaten Bekasi pada Sabtu (12/1) sekitar pukul 01.00 WIB.

Lantaran di dalam kotak amal tersebut hanya berisi uang sebesar Rp 20.000, Dumyati mengungkapkan tidak ada kerugian yang dialami pihak masjid. “Kerugiannya tidak ada karena isinya (kotak amal) cuma Ro 20.000,” jelasnya ketika dimintai konfirmasi pada Selasa (15/1).

Informasi mengenai isi uang di dalam kotak amal itu didapatkan Dumyati dari marbot masjid. Sang marbot, dijelaskan Dumyati, mengaku sudah mengambil isi kotak amal pada Jumat (11/1) sebelum aksi pencurian terjadi. Ia menyebut hanya menyisakan uang Rp 20.000 di kotak.

“Kejadiannya sekitar jam 01.00 WIB. Jadi masuk hari Sabtu. Ketahuannya itu dari pihak marbot melihat pintu masjid terbuka. Setelah dicek, memang kotak amal ada yang hilang. Namun, isi kotak amal sudah diambil,” jelas Dumyati.

Baca Juga: Gila! Terjaring Satpol PP, Legiman Si Pengemis Tajir di Pati Beri Pengakuan Mengejutkan Soal Aset Kekayaannya

Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap kasus pencurian kotak amal tersebut. Hingga berita diturunkan, belum diketahui identitas si pelaku. “Masih kita selidiki. Identitasnya belum kita ketahui,” tutur Dumyati kemudian.

Diketahui, seorang pria terekam kamera CCTV mencuri kotak amal yang ada di Masjid Jami’ Darul Amal, Babelan, Kabupaten Bekasi. Pria tersebut datang dengan mengendarai sebuah mobil Honda Mobilio warna putih. Di bodi mobil yang ia kendarai terdapat tulisan ‘Mobility’.

Pria itu diduga ke masjid dengan modus akan melaksanakan salat malam. Ia terlebih dahulu menuju ruang wudhu dan berganti celana pendek. Kemudian ia baru ke masjid dan mengecek kotak amal. Begitu situasi dirasa aman, ia bergegas melancarkan aksinya dan membawa kotak amal itu ke mobilnya.

Terkait tulisan ‘Mobility’ pada mobil yang dikendarai si pelaku, Ketua Komunitas Mobilio Indonesia Community (Mobility) Irvan buka suara. Ia menegaskan bahwa pria dalam rekaman CCTV itu bukanlah anggotanya.

“Kalau dilihat dari CCTV, dari karakteristik tulisan Mobility dan karakteristik gerak-gerik pelaku itu bukan member kita,” tandas Irvan.