Disebut Akan Diluncurkan Oktober, Pembuatan Esemka Andalkan Komponen Asal China


    SURATKABAR.ID – Kementerian Perhubungan dikabarkan telah mengeluarkan sertifikat uji unit (SUT) untuk delapan tipe mobil Esemka.

    Mobil buatan dalam negeri yang pernah dijadikan mobil dinas oleh Joko Widodo (Jokowi) saat menjabat sebagai Wali Kota Solo ini juga disebut akan diproduksi masal dalam waktu dekat.

    Terkait kabar tersebut, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Putu Juli Ardika mengungkapkan, produksi mobil Esemka akan mengandalkan sejumlah kompnen impor asal China.

    “Saya tidak tahu secara keseluruhan. Saya dengar sebagian importasi komponen katanya dari China,” tuturnya, Kamis (11/10/2018), seperti dilansir dari tempo.co.

    Baca juga: Esemka Tak Kunjung Diproduksi, Orang Dekat Jokowi Bocorkan Alasannya

    Putu menambahkan, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi terkait tingkat komponen dalam negeri yang akan digunakan dalam pembuatan mobil Esemka. Meski begitu, menurutnya, Esemka masih akan terus mengupayakan pengunaan komponen produksi dalam negeri melalui part by part.

    “Itu yang disampaikan, dan perusahaan juga meminta informasi serta agar dapat dipertemukan dengan industri komponen KBM (kendaraan bermotor mobil),” lanjutnya.

    Menurut Putu, pemenuhan kebutuhan  impor untuk keperluan produksi Esemka dapat dilakukan dengan importasi terurai utuh (completely knock down) atau terurai sebagian (incompletely knock down).

    Hal ini juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 34 Tahun 2017 juncto Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 5 Tahun 2018 tentang Industri Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih.

    “Di luar itu, importasi pemenuhan kebutuhan impor dilakukan melalui part by part. Untuk mobil Esemka, kebutuhan komponen impornya dilakukan melalui part by part,” terang Putu.

    Berikut daftar mobil merek Esemka yang akan segera diproduksi dalam waktu dekat:

    1. Garuda I 2.0 (4×4) MT : Mobil penumpang bukan sedan : BBM solar.
    2. Bima 1.3 L (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
    3. Bima 1.0 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
    4. Niaga 1.0 (4×2) M/T : Mobil penumpang : BBM Bensin.
    5. Bima 1.8D (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Solar.
    6. Bima 1.3 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
    7. Borneo 2.7D (4×2) M/T : Mobil bus : BBM Solar.
    8. Digdaya 2.0 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka kabin ganda : BBM Solar.