Sanjungan TGB Teruntuk Kepala Daerah Pendukung Jokowi: Beliau-Beliau Itu…


SURATKABAR.ID – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Tuan Guru Bajang (TGB) memberikan apresiasi penuh atas langkah para kepala daerah yang memutuskan mendukung pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

TGB, seperti yang dilansir dari laman JPNN.com pada Rabu (19/8/2018), mengungkapkan dengan adanya dukungan dari para kepala daerah bakal semakin memuluskan jalan jokowi-Ma’ruf Amin yang diusung Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

“Menurut saya bagus, ya. Beliau-beliau itu pemimpin-pemimpin daerah,” tutur TGB di hadapan para awak media di Jakarta Selatan, pada Rabu (19/9).

Diberitakan sebelumnya, sejumlah kepala daerah terutama gubernur sudah menyatakan diri siap turut berperan aktif memenangkan duet Jokowi-Ma’ruf dalam pertarungan memperebutkan kursi presiden di tahun politik mendatang.

Setidaknya sudah ada 11 gubernur yang memastikan bersedia memenangkan capres petahana tersebut.

Baca Juga: PSI: Koalisi Prabowo-Sandiaga Sangat Jadul

Adapun perincian para kepala daerah yang bakal mendukung Jokowi-Ma’ruf adalah Herman Deru di Sumatera Selatan, Ridwan Kamil di Jawa Barat, Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur, Wayan Koster di Bali.

Lalu masih ada Nurdin Abdullah di Sulawesi Selatan, Ali Mazi di Sulawesi Tenggara, Viktor Laiskodat di NTT, Abdul Gani Kasuba di Maluku Utara, serta Lukas Enembe di Papua. Dan yang paling anyar adalah Gubernur NTB Zulkieflimansyah beserta wakilnya, Sitti Rohmi Djalilah.

TGB menilai dengan semakin bertambahnya kepala daerah yang akan mendukung pemenangan Jokowi merupakan hal positif. “Kalau mendukung Jokowi-Ma’ruf saya pikir ini dukungan yang bagus yang kredibel mempermudah ikhtiar untuk kemenangan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketika disinggung terkait dirinya yang disebut-sebut bakal masuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, TGB dengan tegas menyatakan tidak harus masuk TKN untuk bisa memenangkan pasangan yang diusung KIK tersebut.

“Kan tidak harus berjuang untuk Pak Jokowi melalui tim kampanye nasional,” ujar TGB ditemui usai jumpa pers yang digelar di Jakarta Selatan, pada Rabu (19/9).

Eks kader Partai Demokrat (PD) tersebut menjanjikan akan memberikan informasi lebih lengkap mengenai upayanya dalam memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf. “Nanti ya, saya sambung lagi,” pungkas mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.