Kenal Sejak Kecil, Persahabatan Sandiaga Uno dan Erick Thohir Bagai Kemompong


SURATKABAR.ID – Tak banyak tahu bahwa persahabatan yang terjalin antara calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno, dengan ketua tim pemenangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, sudah berjalan sangat lama. Ternyata keduanya telah bersahabat sejak kecil. Namun, kendati keduanya memilih jalan yang berseberangan di dunia politik, keakraban di antara mereka belum pudar. Hal ini tampak dari momen hangat sewaktu Erick dan Sandiaga berpelukan saat tak sengaja berjumpa sewaktu menghadiri akad nikah anak Ketua DPR, Bambang Soesatyo, Sabtu (08/09/2018).

Selama ini memang tak banyak yang mengetahui persahabatan mereka. Namun momen kebersamaan keduanya sewaktu masih muda sempat diabadikan Sandiaga di akun Instagramnya. Foto tersebut diunggah Sandiaga sebagai ucapan ulang tahun untuk Erick yang berulang tahun bulan Mei 2018 lalu, demikian sebagaimana dilansir dari reportase Kumparan.com, Minggu (09/09/2018).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu memposting foto masa lalu, saat Sandiaga dan Erick masih terlihat sangat muda. Dalam foto tersebut, tampak Sandiaga mengenakan jas hitam yang berdiri di belakang Erick. Erick sendiri terlihat mengenakan setelan jeans dan jaket hitam. Sementara itu, istri Sandiaga, Nur Asia, berdiri bersebelahan dengan Erick. Selain itu, beberapa teman mereka semasa muda juga ada.

“Happy birthday, bro @erickthohir (yang paling kiri, semoga pada ngenalin karena paling awet muda). Sehat selalu! Nanti jangan bosen-bosen kalau dimintain masukan untuk fasilitas olahraga di Jakarta. Sukses terus dengan tim-tim olahraganya! #fotojadul,” tulis Sandiaga dalam caption Instagram pribadinya.

Baca juga: Sandiaga Sebut Tempe Setipis ATM, Ekonom: Oposisi Jangan Manfaatkan Pelemahan Rupiah

View this post on Instagram

Happy birthday, bro @erickthohir (yang paling kiri, semoga pada ngenalin karena paling awet muda). Sehat selalu! Nanti jangan bosen-bosen kalau dimintain masukan untuk fasilitas olahraga di Jakarta. Sukses terus dengan tim-tim olahraganya! #fotojadul

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on

Baik Erick maupun Sandiaga sudah mengomentari perbedaan haluan mereka di Piplres 2019. Sandi mengaku sempat khawatir jika perbedaan jalan di politik ini berpotensi mengganggu keharmonisan yang telah ada dalam persahabatan mereka sejak lama.

“Secara jujur ya khawatir, ini pertemanan, secara rill pasti kita khawatir bahwa anak-anak kita, terutama istri, saya pasti khawatir,” ungkap Sandiaga blak-blakan di Posko Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (06/09/2018).

“Sebagai pengusaha, Pak Erick pasti tidak mau seperti posisi ini. Saya yakin, kalau boleh milih pasti dia enggak bakal mau, karena dia lebih mudah mengurus usahanya,” imbuh Sandiaga saat itu.

Namun Erick memastikan, persahabatan mereka akan tetap terjaga meski memiliki perbedaan paham di Pilpres 2019.

“Insyaallah enggak. Persahabatan jangan dilihat hari ini, tapi masa lalu dan masa depan,” ucap Erick di posko pemenangan Jokowi-Ma’ruf, Menteng, Jakpus, keesokan harinya, Jumat (07/09/2018).

Dipastikan Erick, hubungan erat yang sudah dijalinnya dengan Sandi sejak lama tak akan rusak hanya karena perbedaan haluan politik.

“Kalau Pak Jokowi berpelukan dengan Pak Prabowo, saya juga berpelukan dengan Pak Sandi di lapangan basket,” tukas Erick kemudian.

Sandiaga Uno: Erick Thohir Sahabat Saya Sejak Kecil

Seperti diketahui, Mantan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) Erick Thohir telah resmi ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Ma’ruf Amin. Penunjukan Erick mendapat pujian dari sahabatnya, Sandiaga Salahuddin Uno yang juga merupakan bakal cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Adapun dalam laporan Liputan6.com, Sandiaga bercerita dirinya selama ini mengenal cukup baik sosok Erick Thohir lantaran sudah bersahabat sejak masih kecil.

“Dia sahabat sejak kecil, jadi saya senang mendengar keputusan Presiden Jokowi itu, meski dia bergabung dan menjadi timses dari calon lain,” tutur Sandiaga Uno dalam seminar bertema ‘Menjadi Pengusaha Milenial Berskala Internasional’ di Sanur, Denpasar, Sabtu, (08/09/2018).

Sandiaga memuji Erick di hadapan ratusan generasi milenial yang sebagian besar adalah mahasiswa-mahasiswi di Bali. Ia memuji sahabat yang berbeda sikap dengan dirinya dalam Pilpres 2019.

“Bagian dari pemilihan sebagai tim sukses tersebut adalah bagian dari demokrasi Indonesia dan keputusan Presiden harus dihormati,” tandas Sandiaga seperti dikutip dari reportase Antara.

Fokus Pembangunan Ekonomi Indonesia

Terlepas dari status persahabatannya dengan Erick, Sandiaga menyebutkan,  pihaknya bersama Bakal Calon Presiden Prabowo akan fokus terhadap masalah ekonomi dan memperluas lapangan pekerjaan.

“Kedepan diharapkan tidak ada lagi yang terkena masalah PHK. Negara ini harus maju dan berkembang, karena itu ekonomi harus dibangkitkan dan untuk itu generasi milineal harus mencintai Tanah Air Indonesia,” ujar Sandiaga yang juga berprofesi sebagai pengusaha.

Diketahui, Sandiaga Uno berada di Bali pada 8-9 September. Di tanggal 8 September, setelah menghadiri seminar itu, dia langsung menyaksikan “Soundrenaline 2018” di arena Garuda Wisnu Kencana, Kuta, Kabupaten Badung, Bali hingga larut malam.

Pada tanggal 9 September, Sandiaga mengikuti “Bali Marathon” (10 Km) di Gianyar, Bali. Setelah itu, Sandiaga meninjau Pasar Shindu, Sanur, Kota Denpasar, Bali, hingga kembali ke Jakarta pada pukul 11.30 Wita.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]