Hilangkan Kutu Rambut dengan Alkohol dan Minyak Kayu Putih, Begini Caranya


SURATKABAR.IDLadies, salah satu masalah rambut yang kerap mengganggu adalah adanya kutu rambut yang bersarang di kepala. Parasit jenis ini tak hanya menjengkelkan tapi juga bisa sangat menyakitkan jika tak segera ditangani. Umumnya, sebagian besar anak-anak yang bersekolah atau bermain di taman bersama anak-anak lain juga bisa dengan mudah diserang oleh parasit kulit manusia yang mudah berpindah ini.

Namun rupanya, masalah rambut berkutu ini tak hanya dialami oleh anak kecil saja. Orang dewasa pun bisa mengalaminya. Jika biasanya orang akan menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang mengandung bahan kimia tertentu, ternyata ada juga beberapa opsi alternatif lain yang lebih mudah.

Mengingat ada beberapa orang yang tidak cocok dan malah iritasi, Kamu bisa coba hilangkan kutu rambut secara alami dan menyiasatinya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Salah satu cara yang dipercaya mampu menghilangkan kutu dari rambut adalah dengan menggunakan alkohol dan juga minyak kayu putih secara terpisah. Dimulai dengan pembahasan cara pertama, yakni alhokol.

Basmi Kutu dengan Alkohol

Melansir laman Vemale.com, Kamis (30/08/2018), alkohol yang mengandung 70 persen larutan seperti isopropil alkohol dapat digunakan sebagai desinfektan untuk mengobati kutu rambut. Alkohol jenis ini juga berfungsi cukup kuat untuk membunuh kutu.

Baca juga: Catat! Inilah 4 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

Caranya pun mudah, Ladies. Tuangkan alkohol lalu pijatkan pada kepala dengan lembut. Biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu gosokkan kondisioner pada rambut. Next, sikat rambut dengan menggunakan sisir kutu. Cuci rambut sampai bersih seperti biasa.

Lakukan treatment ini seminggu sekali sampai kutu benar-benar hilang semua dari rambutmu. Kamu juga disarankan menyisir rambut dengan sisir yang sudah dicelupkan dalam alkohol.

Dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang sangat diperlukan untuk menghangatkan badan atau meringankan gejala flu. Tapi tak banyak yang tahu, ternyata tak cuma itu saja kegunaan minyak tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya sangat mudah, Ladies. Kamu tinggal mencampurkannya dengan jeruk nipis.

Siapkan:

  • 2 buah jeruk nipis
  • 6 sdm minyak kayu putih

Campurkan kedua bahan dan aduk sampai rata. Oleskan campuran itu secara merata ke seluruh rambut dan pijat-pijat agar makin meresap. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu bilas rambut dengan air hangat dan keramaslah seperti biasa.

Setelah kutu hilang dari rambut, lebih rajinlah dalam menjaga kebersihan rambutmu, Ladies. Terutama, hindari memakai sisir atau benda yang sama berbarengan dengan orang yang berkutu rambut. Langkah ini sangat berguna untuk menjaga agar Kamu tak tertular kutu rambut.