Ups! Siapa Sangka Makanan ‘Sehat’ Ini Malah Bikin Cacingan

    SURATKABAR.ID – Kita terkadang tidak mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan cacingan. Tidak hanya faktor lingkungan saja, namun makanan yang masuk ke dalam perut kita juga dapat menyebabkan cacing berkembang di dalam perut.

    Seperti dilansir dari Okezone.com, Jumat (17/2/2017), terdapat sejumlah makanan yang dapat memicu cacingan, menurut penjelasan dr Pradip Shah dari Rumah Sakit Fortis, India. Dan yang mengejutkan makanan tersebut ialah yang biasa sehari-hari kita konsumsi.

    Daging Babi

    Di nomor satu ada daging babi sebagai makanan yang memicu cacingan. Daging babi bisa menyebabkan infeksi cacing pita. Segmentasi cacing ini panjang dan bisa menyerang usus. Akibatnya nafsu makan jadi berkurang, berat badan menurun hingga kram perut yang bisa jadi parah.

    Ikan

    Selain daging babi ikan ternyata juga dapat menjadi penyebab cacingan. Ikan mentah dalam beberapa kasus jika dikonsumsi secara langsung akan mengakibatkan cacingan. Ikan ini menyebabkan cacing usus jenis cacing benang yang kecil dan berwarna putih.

    Baca juga: Inilah Cara Mendeteksi Keberadaan Cacing di Perut

    Daging Sapi

    Jika daging sapi dikonsumsi dalam keadaan yang belum benar-benar matang maka bisa juga menyebabkan cacingan dalam perut. Yakni jenis cacing pita cysticercosis yang juga dikenal seabgai cacing otak. Biasanya cacing jenis ini juga kerap ditemukan di dalam daging babi.

    Sayuran

    Bukan cuma daging saja yang bisa memicu cacingan. Namun sayuran yang kita kenal sebagai makanan sehat pun juga bisa menyebabkan cacingan. Kalau kita tidak mencucinya dengan benar, maka dapat menyebabkan telur dan larva cacing tumbuh di dalam perut.

    Air

    Selain makanan kita pun bisa menemukan cacing di dalam air khususnya yang terkontaminasi. Sehingga mengakibatkan cacing masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah sangat disarankan untuk minum air yang sudah melalui proses penyaringan. Supaya kita dapat terhindar dari cacingan.