Legenda AC Milan, Cesare Maldini Meninggal Dunia. Baca Ini!


cesare-maldini_szuut2lg4rxz15sijln358d0g

Ayah dari legenda AC Milan, Paolo Maldini, Cesare telah tutup usia, pada Sabtu (2/4) tengah malam waktu Italia. Seperti dilansir dari Sky Sports, pria yang juga legenda Milan serta timnas Italia itu wafat pada usia ke-84.

Kabar atas wafatnya pria yang pernah mengangkat 11 trofi saat menjadi pemain dan juga pelatih itu diumumkan oleh anaknya, Maldini.

Sama seperti Maldini, Cesare adalah legenda sebagai pemain bertahan Milan dan Italia. Ia lahir di Trieste pada 1932. Dua musim awal karier membela Triestina, Maldini lalu menghabiskan sepanjang masa karier sepak bolanya untuk membela Milan (1954-1966).

Di klub tersebut ia meraih empat Scudetto dan Piala Liga Champions pertama klub itu di 1963. Maldini lalu menggantung karier di tim Torino pada musim 1966/67.

Setelah gantung sepatu, Cesare kembali ke Milan sebagai pelatih pada 1972 dan mengantar klub tersebut memjuarai Piala Winners dan Coppa Italia.

Cesare pun melakoni karier sebagai pelatih timnas. Itu diawalinya sebagai asisten pelatih timnas Italia pada 1980/86 lalu tim U-21. Bersama Cesare, timnas U-21 memenangkan piala dunia sebanyak riga kali beruntun. Cesare merasakan kursi panas tim Italia senior kurun waktu 1996-1998.

Terakhir, Cesare mengantar Paraguay ke putaran final Piala Eropa pada 2002 silam ketika putranya, Maldini, menjadi kapten timnas Italia. Perjalanan Italia di putaran final itu hanya sampai babak 16 besar. Di babak itu, Paraguay kalah 0-1 dari Jerman lewat gol kontroversial Oliver Neuvile di menit ke-89.

Kini, setelah Cesare dan Paolo, dinasti sepak bola Maldini dilanjutkan generasi ketiga yakni Christian dan Daniel yang berada di tim junior Milan.

Sumber : cnnindonesia.com