Masya Allah! Diguncang Gempa Dahsyat, Imam dan Jamaah Masjid Ini Tetap Lanjutkan Salat


    SURATKABAR.ID – Minggu (5/8/2018), sekitar pukul 18.46 WIB atau 19.46 WITA, Lombok diguncang gempa dengan kekuatan 7,0 Skala Richter (SR).

    Gempa yang berpusat di kedalaman 15 kilometer ini menyebabkan sejumlah bangunan rubuh dan rusak parah. Dilaporkan, hingga Senin (6/8/2018) pagi, jumlah korban tewas sebanyak 89 orang dan bisa terus bertambah.

    132 gempa susulan juga terjadi setelahnya. Bukan hanya di Lombok, gempa tersebut juga dirasakan hingga Bali, Banyuwangi, dan Jember.

    Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga sempat mengeluarkan peringatan dini Tsunami.

    Baca juga: 89 Orang Tewas, Terjadi 132 Kali Gempa Susulan di Lombok

    Meski gempa yang terjadi cukup dahsyat, jamaah salat Isya di Musala As-Syuhada di Kota Denpasar tak merasa panik. Mereka malah melanjutkan ibadahnya di tengah gempa yang mengguncang.

    Peristiwa ini diketahui dari sebuah video siaran langsung salat Isya. Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama Musholla As-Syuhada Blk. Dalam video terlihat seorang imam dan sejumlah jamaah yang tetap melanjutkan salat meski gempa terjadi.

    Awalnya, video tersebut terlihat seperti orang salat pada umumnya. Namun, pada rakaat kedua, tiba-tiba gempa mengguncang.

    Imam dan jamaah yang saat itu dalam posisi berdiri, tubuhnya sampai ikut bergoyang karena guncangan gempa. Akibat gempa dahsyat tersebut, terlihat sejumlah orang keluar dari saf. Namun, beberapa yang lain, termasuk imam, tetap melanjutkan salatnya.

    Imam salat pun sempat berpegangan pada tembok untuk menjaga keseimbangan. Lantunan ayat suci yang dibacakannya terderngar bergetar.

    Setelah beberapa saat dan gempa mulai mereda, mereka terlihat melanjutkan salatnya hingga selesai.

    Kini, video tersebut tengah viral di media sosial. Video salat ketika gempa terjadi ini telah ditonton lebih dari 56 ribu kali dan dibagikan lebih dari 2 ribu kali.

    Sejumlah netizen juga menuliskan komentar. Mereka mengaku merinding dan bergetar melihat video tersebut. Tak sedikit pula yang menuliskan doa.

    ber kaca2 mata sy lihat kusuk nya imam nya.walaupun di guncang gempa.lindungi lah seluruh hambamu ya allah,” tulis akun Mulyadi Nasution, dilansir grid.id, Senin (6/8/2018).