Mobil Neno Warisman Terbakar, Raksasa Otomotif Angkat Bicara Soal Penyebabnya

SURATKABAR.IDMobil Neno Warisman tiba-tiba terbakar saat terparkir di depan rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Sabtu (21/7/2018).

Dugaan awal, mobil tersebut sengaja diledakkan oleh seseorang. Namun, dari hasil penelusuran polisi, mobil milik Neno terbakar lantaran ada korsleting pada akinya.

“Kami cek mobil, hasil identifikasi bengkel kebakaran dipicu aki korsleting, kabel yang positif aki nempel di body (badan) mobil,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, dikutip CNNIndonesia, Minggu (22/7/2018).

Lantas apakah yang membuat mobil dalam keadaan mati bisa secara tiba-tiba terbakar?

Kepala Teknik Plaza Toyota Adit, menyampaikan bahwa pada dasarnya kabel positif di aki menempel pada bodi kendaraan memang dapat membuat mobil terbakar. Meski posisi kunci kontak dalam keadaan mati.

Baca juga: Polisi Akhirnya Ungkap Penyebab Terbakarnya Mobil Neno Warisman

Namun, hal tersebut kecil kemungkinannya. Menurut dia yang harus dipertanyakan adalah bagaimana kabel itu dapat lepas saat mobil tidak sedang melaju atau sekadar dinyalakan. Sebab, pasti ada guncangan ketika mesin mobil menyala yang bisa membuat kabel tersebut lepas dari posisi seharusnya.

“Ini (kabel) harus di cek, dilihat fisiknya dulu. Karena harusnya kabel positifnya nempel di terminal baterai dengan baik, bisa jadi lepas dan kena bodi kendaraan. Jadi aneh juga sih kabelnya bisa lepas, kalau pun tidak kencang kabel baterai. Mobilnya saja diam,” kata Adit kepada CNNIndonesia.com.

Ia pun enggan menarik kesimpulan apa pun dari hal tersebut. Ia menjelaskan perlu investigasi lebih dalam untuk mengetahuinya.

“Yang pertama kronologi kejadiannya gimana lalu service history kendaraan. Terus harus dilihat fisik biar kelihatan sumber api dari mana. Bagaimana kabel yang terbakar dari luar dan yang terbakar karena korsleting listrik,” ungkapnya.

Adit menambahkan kabel terbakar dari luar dan dalam memiliki perbedaan.

“Karena kabel kalau terbakar dari luar atau dalem itu beda hasilnya. Kalau terbakar dari luar, kabel meleleh jadi satu kesatuan serabutnya. Kalau terbakar dari dalam, kabelnya justru terurai karena panas,” kata Adit.