Atas Instruksi Jokowi, TNI AD Mulai Renovasi Rumah Sang Juara Dunia Lari Lalu Muhammad Zohri


SURATKABAR.ID – Pada Sabtu (14/07/2018), perbaikan rumah milik juara dunia lari 100 meter putra dalam turnamen ‘IAAF World Championship U-20’, Lalu Muhammad Zohri, mulai dilakukan. Pihak TNI AD diketahui mulai melakukan pembongkaran untuk melakukan perbaikan tersebut. Danrem 162/WB Kolonel Ahmad Rizal Ramdhani menegaskan, pembongkaran dilakukan atas izin dari pihak keluarga Lalu Muhammad Zohri. Ia pun menjamin tak akan mengubah konsep awal rumah sebagaimana permintaan keluarga.

Perbaikan dilakukan dengan menambah satu meter ke belakang dan 3 meter ke atas. Selain itu, di dalam rumah akan dibuat ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur, hingga memasang keramik. Demikian seperti dikutip dari laporan Kumparan.com, Minggu (15/07/2018).

Atas Instruksi Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menaruh perhatian terhadap tempat tinggal pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Lalu Muhammad Zohri telah mengharumkan nama Republik Indonesia lantaran berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia lari jarak 100 meter usia 20 tahun di Finlandia.

Melansir laporan Detik.com, sejak Jumat (13/07/2018), Jokowi diberitakan akan merenovasi tempat tinggal Zohri di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kondisinya memprihatinkan.

Baca juga: Lalu Zohri Kebingungan Mencari Bendera Indonesia Usai Selebrasi. Dubes Finlandia Katakan Penyebabnya

Jokowi mengungkapkan, renovasi tersebut dilakukan atas prestasi yang diraih Zohri di kancah dunia. Kepala Negara telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk melakukan renovasi tersebut.

“Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok,” tandas Jokowi seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Jumat (13/07/2018).

Untuk diketahui, rumah Zohri berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Modal untuk Berjaya di Asian Games 2018

Sebelumnya, Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia. Presiden menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan pemuda asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

“Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga,” imbuh Jokowi usai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (12/07/2018).

Jokowi menyampaikan prestasi yang diraih Zohri dan atlet-atlet cabang olahraga lainnya akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

“Kayak kemarin badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games,” ucapnya.

Zohri berhasil mengalahkan pelari asal Amerika Serikat (AS) Anthony Schwartz dan Eric Harrison, serta Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Catatan waktu Zohri memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra yang tercatat atas namanya sendiri 10,25 detik dan mendekati rekornas senior 10,19 detik atas nama sprinter Suryo Agung Wibowo.