Menohok! Ungkit Kekalahan, PBB Sebut Pencapresan Amien Rais Tak Rasional


SURATKABAR.ID – Partai Bulan Bintang (PBB) dengan tegas menyatakan tidak sepakat dengan Koalisi Umat Madani (KUM) yang mengkaim kemenangan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia menjadi inspirasi pendeklarasian Amien Rais sebagai calon presiden (capres).

PBB, melalui Ketua Bidang Pemenangan Presiden PBB Sukmo Harsono, seperti yang dilansir dari laman Detik.com pada Sabtu (30/6/2018), lantas kembali mengungkit hasil dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, di mana Amien Rais harus merasakan kekalahan telak.

“Saya merasa KUM terlalu terburu-buru dan tidak rasional mengusung Pak Amien Rais tanpa melihat hasil survei dan kegagalan pada pencapresan yang lalu. Berharap seperti Tun Mahathir sih boleh, tapi apa iya bisa disamakan? Saya kira tidak sama sekali,” ujar Sukmo, Sabtu (30/6), dikutip dari Detik.com.

Lebih lanjut, Sukmo menyebut KUM sudah menunjukkan ketidakbijakan dalam mengambil tindakan dan bisa dikatakan telah ‘mencuri start’. Padahal, masih kata Sukmo, partai politik yang tergabung dalam koalisi keumatan hingga saat ini masih menantikan hasil konsultasi dengan Habib Rizieq.

Baca Juga: Koalisi Umat Madani Deklarasikan Dukung Amien Rais Jadi Capres

“Koalisi Umat Madani yang lebih dahulu mencalonkan Pak Amien Rais sebagai capres adalah tindakan memecah koalisi keumatan yang digagas Habib Rizieq dan PA 212 serta GNPF (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa),” tuturnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Koalisi Umat Madani telah mendeklarasikan politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2019 mendatang. Dan untuk mendampingi Amien Rais, pihak KUM masih memperhitungkan sosok calon wakil presiden (cawapres) yang pas.

“Memang masalah wakil presiden ini ada perhitungan. Kombinasinya kombinasi yang kuat yang bisa dipasangkan untuk melawan petahana. Tentunya kami tidak pasif menunggu, tapi kami proaktif mensosialisasikan,” ujar Ketua Koalisi Ummat Madani Letjen (Purn) Syarwan Hamid di Jalan Cipinang Cempedak I, Jakarta Timur, Sabtu (30/6).

Tak hanya itu, KUM bahkan membuka pintu peluang besar-besar untuk menyandingkan Amien Rais dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pertarungan pesta demokrasi 2019 mendatang. Syarwan mengungkapkan, sudah ada perbincangan antara kedua belah pihak.

“Pak Amien Rais bertemu Prabowo saat kampanye di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Mereka sudah bicara. Saya kira satu ketika mereka akan menemukan kesepakatan, saya yakin itu,” cetusnya tegas.