Deretan Kuliner Khas Lebaran Dari Negara Di Dunia, Sudah Pernah Coba Yang Mana?


SURATKABAR.IDHari Raya Idul Fitri atau lebaran di Indonesia identik dengan ketupat dan opor ayam. Kedua makanan tersebut wajib ada di rumah kala merayakan Lebaran. Ketupat dan opor ayam menjadi makanan khas Lebaran di Indonesia.

Namun bagaimana dengan makanan khas lebaran di berbagai penjuru dunia? Pernahkan kamu mencoba salah satu dari makanan khas lebaran di negara lain berikut ini? Inilah beberapa makanan khas lebaran dari berbagai negara, dihimpun dari laman idntimes.com.

Pakistan – Sheer Khurma

Kurma merupakan buah yang menjadi primadona ketika bulan ramadan, namun kurma juga kerap menjadi sajian dikala lebaran. Kurma tak dapat dipisahkan dari bulan ramadan hingga ketika lebaran.

Di Pakistan, buah kurma ini diolah menjadi puding, atau yang disebut dengan Sheer Khurma. Sheer Khurma terdiri dari campuran kurma, susu dan vermicelli. Pasti rasa dari Sheer Khurma ini akan mempermanis hari yang fitri.

India – Hyderabadi Haleem

Hyderabadi Haleem memiliki rasa yang gurih dan lezat. Makanan India ini menggunakan daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum yang dibumbui secara tradisional. Bumbu tradisional yang dipakai antara lain, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya.

Irak – Kleicha

Rasa kue lebaran khas Irak ini renyah dan manis, membuat si pencicipnya ketagihan. Kue Kleicha juga menggunakan kurma untuk isiannya. Kue Kleicha terbuat dari pastry khas Irak yang diisi pasta kurma. Adonan terbuat dari campuran tepung terigu, kapulaga, adas manis, kayu manis, sedikit jintan hitam dan garam. Untuk mempercantik warna dan menambah wangi, terkadang ditambahkan pulan air mawar dan saffron.

Mesir – Kahk

Kahk merupakan kue khas lebaran dari mesir yang berbentuk bulat, rasanya manis renyah dan memiliki isian di tengahnya. Isian dari kue ini adalah kurma atau kacang walnut. Kue khak ini masak dengan cara dipanggang. Khak yang sudah matang yakni yang berwarna keemasan, setelah dingin kue Khak diberi taburan gula halus di atasnya.

Baca Juga: Berdalih Orderannya Tak Sesuai, Penumpang Tega Lakukan Hal Ini Kepada Supir Taksi Online

Bangladesh – Kari Chotpoti

Kari Chotpoti merupakan makanan khas lebaran dari negara Bangladesh. Sesuai dengan namanya, Kari Chotpoti merupakan makanan yang berjenis kari. Kari Chotpoti terbuat dari santan, kacang polong, kentang dan telur. Makanan khas lebaran satu ini pun memiliki cita rasa yang pedas, seperti kegemaran santap pedas warga Bangladesh.

Turki – Halawa

Halawa merupakan makanan khas lebaran dari negara Turki. Halawa merupakan puding tradisional Turki dan terbuat dari keju, mentega, selai dan telur. Halawa biasanya disiapkan sejak tiga hari menjelang Lebaran, karena Halawa membutuhkan waktu pengolahan cukup lama dengan adanya proses pendinginan.

Yordania – Qatayef

Salah satu makanan khas lebaran yang rasanya manis adalah Qatayef. Makanan khas negara Yordania ini berjenis pancake dengan topping kacang, gula, dan beraroma kayu manis. apabila dirasa manisnya kurang, dapat ditambahkan topping berupa sirup atau madu.