Ratna Sarumpaet Komentari Aneka Meme Mobil Derek dan ‘Telpon Anies’


SURATKABAR.ID – Menyoal berbagai meme yang bermunculan atas insiden penderekan mobil Ratna pada Selasa, (03/04/2018) lalu, seniman dan aktivis organisasi sosial Ratna Sarumpaet tidak berkomentar banyak. Seperti diketahui, baru-baru ini muncul meme ‘Kena Derek Hubungi Anies yang dibuat oleh masyarakat internet. Menanggapi hal tersebut, Ratna menilai keberadaan meme itu seolah menjadi tradisi netizen Indonesia zaman sekarang.

“Kalau Kak Ratna sih nggak bisa bilang apa-apa. Kayaknya sudah tradisi kita sekarang, kalau tidak sepaham denganku ya di-meme-meme saja. Saya nggak masalah, sudah terbiasa,” ujar Ratna saat ditemui awak media di Restoran Dapur Indonesia, Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Senin (09/04/2018), seperti dikutip dari reportase Detik.com.

Menurut pengakuan Ratna, ia mendapati sebelumnya pun ia sudah sering dibuatkan meme. Menurutnya, saat ini masyarakat cenderung menghakimi meski pun sudah ada penjelasan.

“Kalau saya pribadi dibikin meme sudah yang paling seram sedunia saja sudah pernah ya. Saya lihat gitu senyum-senyum saja. Saya harap waktu akan mendidik masyarakat agar tidak berbuat begitu. Saya nggak tahu. Kita harus belajar banget, kenapa masih kita begini dan nggak mau bertanya, cenderung menghakimi kalau ada penjelasan masih dipelintir juga,” sahut Ratna.

Sebelumnya, berbagai meme bermunculan seusai penderekan mobil milik Ratna menjadi viral. Salah satu meme tersebut bertulisan ‘Kena Derek Dishub DKI, ‘Anies‘ 0811960520, mobil dikembalikan’.

Baca juga: Anies Baswedan Debat dengan Dishub Soal Siapa yang Bayar Denda Ratna Sarumpaet

Terlepas dari fenomena meme, pihak Ratna sendiri telah mengajukan klarifikasi dan somasi kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta terkait penderekan mobilnya pada Senin (08/04/2018) pagi. Menurutnya, seperti dilansir dari laporan TribunNews.com, pihak Dishub harus menjelaskan soal penderekan mobilnya yang ia anggap tak sesuai prosedur.

Ratna menilai masyarakat di internet cenderung menghakimi tanpa mengklarifikasi pemberitaan terlebih dahulu. Ia juga menyayangkan media yang sering ‘memelintir’ informasi.

 

Ke depannya, Ratna berharap agar masyarakat tidak lagi menyebar ujaran kebencian jika tidak mengetahui duduk persoalannya secara jelas. Ia mengaku, sebelum insiden ini terjadi pun dirinya sudah sering dibuat meme serupa oleh masyarakat.

Sebelumnya, sejumlah meme mendadak viral di media sosial usai insiden penderekan mobil Ratna pada Selasa, (03/04/2018) lalu. Dalam video yang tersebar, tampak Ratna tengah menggenggam ponselnya dan menelepon pihak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk meminta kejelasan akan tindakan tersebut.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaKapal Buruan Interpol Ditangkap, Susi Ungkap Modus Baru ‘Illegal Fishing’
Berita berikutnyaBukan Vero, Siapa Wanita Muda yang Dapat Kiriman Bunga Impor dari Ahok?