Mulai Hari Ini Operasi Zebra di Gelar, Begini Ciri-Ciri Pengendara yang Jadi Incaran Polisi



SURATKABAR.ID – Mulai hari ini, Rabu (1/11/2017), Polri akan menggelar Operasi Zebra besar-besaran. Operasi ini akan digelar sampai 14 November 2017 mendatang.

Dalam operasi ini, ada sejumlah pengendara yang akan menjadi incaran polisi. Namun, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Wakapolda Bali Brigjen Pol I Gede Alit Widana menuturkan bahwa target utama dalam operasi ini adalah pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Sudah menjadi target yaitu kendaraan yang melawan arus kecuali di jalan tol. Karena akan disesuaikan dengan pelanggaran di jalan tol,” tuturnya saat memimpin Gelar pasukan Operasi Zebra di halaman depan Mapolda Bali, Denpasar, Senin (30/10/2017) kemarin, dilansir tribunnews.com.

Baca juga: Alexis Ditutup, PKB Tantang Anies Beberkan Pelanggaran

Selain kendaraan yang melawan arus di jalan raya, polisi juga akan menindak tegas kendaraan bermotor yang menggunakan bahu jalan. Selanjutnya, kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan standar spesifikasi juga akan menjadi incaran utama.

“Itu yang juga kita tindak, bahu jalan kan bukan buat parkir. Begitu juga dengan strobo dan lampu rotator, itu kan sudah ada undang-undangnya. Orang sipil kan tidak boleh pakai itu,” lanjutnya.

Terkait operasi ini, Brigjen Widana berharap agar masyarakat di Bali lebih berhati-hati dan menjaga emosi saat berada di jalan raya. Terlebih lagi, setiap harinya ada satu nyawa yang melayang di jalan karena kurangnya tanggung jawab sebagai pengguna jalan.

Sementara itu, untuk pengendara uang mengenakan udeng saat akan sembahyang, polisi di Bali akan memberikan keringanan. Namun, dengan catatan bahwa jarak yang diperbolehkan adalah radius 10 kilometer dari tempat sembahyang.

Dispensasi ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepada Daerah Tingkat I Bali Nomor 217 Tahun 1989 tentang Wajib Pemakaian Topi Pengaman (Helm) Bagi Pengemudi Sepeda Motor Dan Orang Yang Duduk Di Belakangnya atau Dibonceng.

Dalam keputusan itu, dijelaskan bahwa petugas kepolisian bisa memberikan dispensasi untuk tak memakai helm dalam kondisi tertentu.


BAGIKAN

Berita sebelumyaAlexis Ditutup, PKB Tantang Anies Beberkan Pelanggaran
Berita berikutnyaHeboh! Kejanggalan di Foto Pria Tidur Bareng Pacar Ini Bikin Warganet Salah Fokus

Komentar

komentar


Berita Terpopuler