Hasil Penelitian Sebutkan Jika Kepribadian Dipengaruhi Oleh Medsos yang Dipakai


© linkedin.com

SURATKABAR.ID – Ternyata menurut penelitian, penggunaan media sosial dapat digunakan untuk melihat karakter dan kepribadian seseorang. Hal tersebut terungkap setelah sebuah tim peneliti yang dikepalai oleh seorang professor dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat bernama Dongwon Lee melakukan sejumlah riset untuk membuktikan hipotesanya.

Dalam penelitiannya, seperti yang dikutip dari GadgetsNow.com (17/4/2017), Lee mengatakan bahwa para pengguna jejaring sosial lebih mudah mengungkapkan ekspresinya melalui platform-platform media dan sekaligus menjadi penanda bagaimana diri mereka sendiri.

“Pengguna (sosial media)cenderung memiliki perbedaan dalam menggambarkan diri mereka di dunia (jejaring sosial)  yang berbeda,” kata Lee.

Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa para pengguna jejaring sosial memiliki memunculkan karakter-karakter mereka sendiri ketika terhubung di dunia maya dan setiap perbedaan personas (karakter) tersebut berasal dari keinginan seseorang yang mencocokkan dirinya terhadap suatu budaya yang khas atau etiket di setiap situs yang berbeda.

Misalnya, foto minuman atau makanan yang berwarna-warni mungkin lebih populer di Instagram, sedangkan di jejaring sosial seperti LinkedIn, postingan gambar yang natural lebih populer dan disukai.

Para peneliti memanfaatkan situs ‘about.me’ yang berfungsi sebagai direktori sosial media, di mana mereka berhasil mendapatkan informasi lebih dari 100.000 pengguna media sosial.

Setelah menganalisa gambar profil dan biografi yang disediakan oleh setiap pengguna, para peneliti menemukan adanya beberapa perbedaan yang signifikan dari segi demografi, salah satunya adalah bagaimana cara mengekspresikan diri mereka di media sosial.

“Penggunaan about.me adalah salah satu terobosan besar yang dapat dimanfaatkan, karena memungkinkan kita untuk menganalisa beberapa akun sosial media dari pengguna yang sama. Platform jaringan sosial yang dapat di analisa adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram,” kata Nisanth Sastry dari Pennsylvania State University.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa seseorang  mampu beradaptasi secara sistematis terhadap sosial media yang berbeda sesuai dengan budaya pada jejaring sosial tertentu. Mereka bisa saja terlihat bijak dan tenang di Facebook atau LinkedIn, namun terlihat sangat periang dan humoris di Instagram.