Esemka Tak Kunjung Diproduksi, Orang Dekat Jokowi Bocorkan Alasannya


SURATKABAR.ID – Mobil Esemka kembali menjadi perhatian nasional setelah disebut oleh calon wakil presiden (cawapres) KH Ma’ruf Amin dalam salah satu pidatonya.

Beberapa waktu lalu, Ma’ruf mengatakan bahwa mobil buatan dalam negeri tersebut akan diproduksi besar-besaran dan dipasarkan mulai Oktober 2018.

Esemka pun bukan bahasan baru bagi masyarakat. Mobil ini awalnya menjadi sorotan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakannya sebagai mobil dinas saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2009.

Sayangnya, nama mobil Esemka tenggelam ketika Jokowi diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Setelah itu pun nama Esemka terus timbul tenggelam, hingga akhirnya disinggung oleh Ma’ruf.

Baca juga: Ma’ruf Amin Sebut Diluncurkan Oktober, Ini Komentar Menperin Soal Esemka

Lantas, kapan sebenarnya mobil Esemka akan diproduksi dan namanya sempat timbul tenggelam.?

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono, mengungkapkan bahwa lamanya proses peluncuran mobil Esemka karena pemerintah masih menyiapkan pondasi dengan kuat.

“(Dulu Esemka) pernah hilang dan sekarang lagi karena memang kita harus buat tim yang profesional dan besar lebih dahulu,” ujar Diaz di sela-sela acara Bentley Experience, yang digelar Prestige Image Motorcars, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (13/10/2018), seperti dilansir dari detik.com.

Diaz menegaskan, meski saat ini proses produksi mobil Esemka terkesan lama dan timbul tenggalam, namun Jokowi serius menggarap proyek tersebut.

“Arahan dari Pak Jokowi selalu menekan, memastikan Esemka benar-benar terwujud, karena itu kebanggaan beliau sejak jadi Walikota Solo dulu,” tuturnya.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan sertifikat uji tipe (SUT) kepada delapan tipe mobil Esemka.

“Kami telah mengeluarkan SUT untuk kendaraan merek Esemka sebanyak delapan tipe,” terang Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, Jumat (12/10/2018).

Berikut daftar mobil merek Esemka yang akan diproduksi:

  1. Garuda I 2.0 (4×4) MT : Mobil penumpang bukan sedan : BBM Solar.
  2. Bima 1.3 L (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
  3. Bima 1.0 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
  4. Niaga 1.0 (4×2) M/T : Mobil penumpang : BBM Bensin.
  5. Bima 1.8D (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Solar.
  6. Bima 1.3 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
  7. Borneo 2.7D (4×2) M/T : Mobil bus : BBM Solar.
  8. Digdaya 2.0 (4×2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka kabin ganda : BBM Solar.