Hadiri Pembukaan GIIAS ke-26, Airlangga Klaim Pelaku Industri Otomotif Dukung Jokowi 2 Periode


SURATKABAR.ID – Airlangga Hartarto yang merupakan Menteri Perindustrian kembali menyampaikan dukungan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa memimpin Indonesia untuk dua periode. Hal ini diutarakannya saat keduanya menghadiri acara bersama-sama. Kali ini Airlangga memaparkannya saat berpidato di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Airlangga menyinggung pembukaan GIIAS yang jatuh pada 2 Agustus 2018 dan kesiapan industri otomotif menggunakan bahan bakar B20 (biodiesel) di akhir pidatonya. Angka 2 pada tanggal 2 Agustus dan B20 ia ibaratkan sebagai dukungan agar Jokowi menjadi presiden dua periode. Demikian sebagaimana dikutip dari laporan Tempo.co, Kamis (02/08/2018).

“B20 itu ada angka 2 titik 0-nya. Saya cek kepada industriawan, masyarakat industri siap Bapak Presiden dua periode,” ujar Airlangga di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang. Perkataan Airlangga itu disambut tawa dan tepuk tangan para hadirin.

Selain menyinggung dukungan Jokowi dua periode, Airlangga menyelipkan pantun yang bait-baitnya menggunakan angka empat. Jika dikaitkan dengan politik, empat adalah nomor urut Partai Golkar, partai yang dipimpinnya.

“Pameran ini adalah pameran roda empat, menyongsong revolusi industri 4. Pak Presiden hadir di waktu yang tepat, mari bergenggam erat demi Indonesia hebat,” imbuhnya kemudian.

Baca juga: Mengintip Komunikasi Politik Kubu Jokowi-Prabowo Jelang Pendaftaran Capres

Dalam pemilihan presiden 2019, Golkar telah menyatakan dukungannya kepada Presiden Jokowi. Selain Golkar, ada delapan partai yang mendukung mantan gubernur DKI Jakarta itu, yakni PDIP, PKB, PPP, NasDem, Hanura, Perindo, PSI, dan PKPI.

Sementara itu, melansir laporan Jakarta.TribunNews.com, Presiden Joko Widodo sempat berkeliling melihat stand mobil dan produk otomotif lainnya bersama Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato.

“Saya senang sekali bisa hadir, saya harus ngomong apa adanya, baru pertama kali saya hadir, dan banyak yang menyampaikan kepada saya kalau hadir di Gaikindo bisa lihat mobil model baru,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Di hall dua, Jokowi mengunjungi booth yang memajang berbagai truk kecil dengan berbagai fungsi itu. Presiden Jokowi bahkan sempat menjajal duduk di kabin truk kecil itu bersama Airlangga. Beberapa kali, keduanya terlihat saling berbincang hingga bercanda. Hal itu terlihat dari senyum keduanya.

“Beyond Mobility”

Laman Detik.com menyebutkan bahwa tahun ini GIIAS menyajikan tema “Beyond Mobility” yang diartikan sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor—yang mana dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

Untuk GIIAS 2018 ini, tercatat lebih dari 40 kendaraan baru dan kendaraan konsep akan diluncurkan di pameran otomotif tahunan ini. Adapun merek-merek kendaraan terlibat yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, FAW, Hino, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Bukan hanya mobil ada juga 8 motor baru baik konsep yang siap meluncur di GIIAS. Merek motor terlibat adalah Benelli, BMW Motorrad, Harley-Davidson, Astra Honda Motor, Kawasaki, KTM, Nodzomi, Piaggio, Suzuki, Viar dan Yamaha.