Korban Tewas Capai 35 Orang. Polisi Tetapkan 2 Tersangka Karamnya KM Lestari Maju


SURATKABAR.IDPolisi menetapkan dua orang sebagai tersangka tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

“Nahkoda kapal atas nama AS dan Syahbandar Bira atas nama KM,” jelas Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan AKBP Dicky Sondani saat dikonfirmasi, Senin (9/7/2018), dilansir Lipuntan6.com.

Menurut dia, kedua tersangka itu telah melanggar Undang-Undang Pelayaran Laut. Mereka kini telah ditahan di Polda Sulawesi Selatan.

“Melanggar Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran Laut,” sambungnya.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal berbeda. AS dijerat dengan Pasal 302 subsider Pasal 112 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran juncto Pasal 359 KUHP. Sedangkan KM dijerat dengan Pasal 303 subsider Pasal 117 UU Pelayaran juncto Pasal 359 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Baca Juga: KM Lestari Maju Tenggelam. Nahkoda Sudah Berinisiatif Menepi ke Pulau

Dirinya menjelaskan, pihaknya masih melakukan pengembangan penyidikan. Dicky menyebut tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka dalam kasus ini akan bertambah. Saat ini, polisi tengah memeriksa pemilik kapal berinisial HY dan seorang petugas tiket IS.

KM Lestari Maju mengalami kecelakaan di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) siang. Setelah melakukan pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di tengah perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran di lambung kiri kapal. Nakhoda terpaksa mengandaskan kapal tersebut untuk memperkecil risiko tenggelam. Posisi kapal hanya beberapa mil mendekati daratan.

Hingga Rabu (4/7/2018), jumlah korban meninggal dilaporkan sebanyak 35 orang. Mereka diduga tidak menggunakan jaket keselamatan. Dari 35 orang korban meninggal, 34 orang sudah teridentifikasi. Sedangkan satu lainnya masih dilakukan pemeriksaan. Sementara yang selamat diperkirakan 155.

Korban yang belum diketahui identitas lengkapnya tersebut berjenis kelamin perempuan dan berusia sekitar 50-60 tahun.