12 Aplikasi Cari Jodoh Populer di Indonesia & Luar Negeri

Selain memperluas circle pertemanan atau sering ikut organisasi, menemukan tambatan hati juga bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi cari jodoh atau yang disebut juga dengan aplikasi dating. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk ‘bertemu’ dengan orang-orang baru tanpa harus keluar rumah.

Selain untuk menemukan romansa, aplikasi dating juga memiliki daya tarik lain yaitu untuk membantu menemukan teman platonic, karena sebagian besar aplikasi ini memang diarahkan untuk menemukan orang yang memiliki minat yang sama dan melengkapi kepribadian kamu.

Daftar Aplikasi Cari Jodoh

Apa pun yang kamu cari, entah sekedar teman chatting, sahabat virtual, atau bahkan calon pacar, inilah beberapa aplikasi dating paling populer yang bisa kamu jajal:

1. Tinder

Tinder

Nama aplikasi ini sudah populer sejak lama dan meskipun kini sudah ada banyak sekali aplikasi dating lain tapi sepertinya Tinder masih akan tetap eksis hingga beberapa waktu ke depan.

Sebagai salah satu aplikasi dating terbesar dan terbaik yang juga memiliki jangkauan luas, Tinder sudah dicoba oleh lebih dari 100.000.000 orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Tinder tersedia untuk iOS dan Android, dan pendaftarannya bisa menggunakan akun Facebook atau nomor telepon yang aktif. Inilah cara kerja Tinder:

  • Aplikasi ini sangat sederhana untuk digunakan karena setelah membuat akun, kamu hanya perlu menentukan jenis kelamin dan rentang usia orang yang ingin kamu temui, dan seberapa jauh lokasi yang ingin kamu akses.
  • Selanjutnya Tinder akan mencocokkan kamu dengan pengguna lain berdasarkan kriteria yang sudah kamu isi tadi. Tepat di bawah setiap foto profil pengguna lain, akan ada ikon hati dan tanda silang. Tab gambar hati jika kamu menyukainya dan tekan silang jika tidak.
  • Jika ternyata kamu menyukai seseorang yang juga menyukai kamu, Tinder akan memberikan notifikasi bahwa kamu match dengan pengguna lain dan segera setelahnya fitur chat akan tersedia sehingga kamu dapat saling menyapa dan mengobrol dengan pengguna lain tersebut.

2. Coffee Meets Bagel

Coffee-Meets-Bagel

Coffee Meets Bagel atau biasa disingkat CMB adalah opsi aplikasi cari jodoh dating lain yang mendapat 4.1 bintang dan gratis di download tapi dengan opsi pembelian fitur premium seharga Rp 13.000-Rp 2.550.000 per item.

Aplikasi yang diluncurkan pada 2012 ini dikembangkan dengan baik oleh perusahaan dengan nama yang sama yang berlokasi di San Francisco. Aplikasi ini diklaim memiliki algoritma pintar yang akan mengakurasi kecocokan berkualitas.

Dengan CMB, kamu tidak perlu lagi swipe kiri kanan sepanjang hari seperti saat menggunakan Tinder atau Bumble tadi. Karena per hari kamu akan menerima notifikasi berisi profil pengguna lain yang paling sesuai dengan kriteria kamu, lalu kamu akan diberi waktu 24 jam untuk menekan tombol hati atau silang.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah hadir dengan desain yang lebih bersih, ringan, dan lebih modern dengan menghilangkan warna-warna cerah yang kebanyakan sudah ada di aplikasi dating lain.

Menurut data statisik dari pihak pengembang, aplikasi ini menghasilkan sekitar 500 pasangan per minggu, ada lebih dari 200 pernikahan, dan 20.000 hubungan pertemanan terjalin sebagai hasil dari kecocokan melalui aplikasi ini.

3. Bumble

Bumble

Aplikasi cari jodoh yang satu ini sudah ada sejak tahun 2014 dan sama populernya dengan Tinder. Konsep aplikasi ini juga serupa dengan Tinder yaitu mengguna mode geser kiri dan kanan untuk menemukan profil lain yang cocok dengan kriteria kamu.

Namun uniknya, Bumble hanya mengizinkan akun wanita untuk mengirim chat pertama terlebih dulu. Jika kedua akun sama-sama cocok tapi si wanita tidak mengirim pesan pertama dalam waktu 24 jam, maka kecocokan tersebut akan hilang.

Tidak ada biaya pendaftaran untuk aplikasi ini, tapi ada beberapa fitur tambahan yang hanya bisa kamu gunakan dengan harga tertentu, dan beberapa kelebihan aplikasi ini adalah:

  • Bumble sudah diinstal oleh lebih dari 100 juta orang di berbagai negara dan terbukti ada ribuan pertunangan dan pernikahan yang terjadi karena perkenalan lewat aplikasi ini.
  • Profil pengguna Bumble dapat diverifikasi. Jadi Bumble memiliki fitur untuk memverifikasi daters (sebutan untuk para pengguna aplikasi dating) dengan meminta pengguna mengambil foto melakukan gerakan tertentu saat pertama kali membuat akun.

Lalu aplikasi akan menambahkan tanda centang ke profil pengguna untuk menunjukkan bahwa pengguna tersebut adalah orang sungguhan.

  • Selain membantu menemukan pasangan, Bumble juga memiliki fitur untuk membantu menemukan teman dan memperluas jaringan. Kamu bisa memilih mode BFF dan Bumble akan menampilkan daftar pengguna dengan jenis kelamin yang sama yang cocok dengan profil kamu.

4. OkCupid

OkCupid

Aplikasi cari jodoh di urutan berikutnya adalah OkCupid yang dikembangkan oleh okcupid.com. Aplikasi berukuran 38 MB ini memulai debutnya pada tahun 2004 dan kini menjadi salah satu aplikasi dating tertua.

Aplikasi ini mendapat 4 bintang dari pengguna Android dan sudah diinstall oleh lebih dari 10 juta orang. Saat pertama kali mendaftar akun, OkCupid akan meminta kamu untuk mengisi profil yang lebih detail dan menjawab sederet pertanyaan tentang personality test.

Berdasarkan profil dan jawaban yang kamu isi, OkCupid akan membantu memfilter dan menampilkan daftar pengguna lain yang sesuai dengan kriteria kamu. Sebagian besar pengguna OkCupid berada di rentang usia 25 – 34 tahun.

Aplikasi ini gratis untuk di download tapi tersedia juga opsi langganan premium yang menampilkan semua fitur eksklusif seperti fitur yang dapat membuat kamu melihat siapa saja yang menyukai kamu, dan fitur cari pengguna lain yang masih single dengan filter lanjutan dan opsi tambahan.

5. TanTan

TanTan

Aplikasi cari jodoh yang dikembangkan oleh Tantan Hong Kong Limited ini pernah sangat populer pada sekitar tahun 2019 di Tanah Air. Aplikasi ini sudah dijajal oleh lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia dengan total review mencapai 828 ribu dan rating 4.2 bintang.

Proses pendaftaran akun TanTan sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa detik. Kamu bisa mendaftar dengan menghubungkan akun Facebook atau masukkan nomor telepon. Kamu bisa melengkapi profil kamu dengan mengupload maksimal 6 foto saat proses pendaftaran.

Selanjutnya aplikasi buatan China ini akan menggunakan kriteria pasangan yang kamu cari bersama dengan GPS yang aktif di smartphone kamu untuk selanjutnya menampilkan hasil yang paling akurat untuk menemukan jodoh kamu.

Kamu bisa melihat semua foto pengguna lain secara gratis, mengirim pesan ke pengguna yang match dengan kamu, mencari jodoh yang kompatibel melalui filter, menjelajahi tab “Momen”, dan bahkan kamu dapat memainkan game dalam aplikasi.

6. W-Match

W-Match

Aplikasi W-Match dibuat dan dikembangkan oleh Waplog Dating Apps dan pertama kali dirilis pada 2014. Kini W-Match sudah diinstal oleh lebih dari 10 juta orang dan kebanyakan dari mereka memberi 4 bintang. Dua fitur paling menarik dari W-Match menurut pengguna adalah W-Match Story dan Video Chat.

Aplikasi ini gratis untuk di download dan digunakan tapi jika kamu ingin meningkatkan profil, maka kamu bisa memilih berlangganan keanggotaan VIP W-Match mulai dari langganan mingguan, bulanan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Harga langganannya bervariasi di setiap negara tapi berkisar dari Rp 56.000 – Rp 2.000.000. Dengan W-Match, kamu tidak hanya berkesempatan untuk menemukan jodoh lokal tapi juga para bule dari berbagai negara lain. Tapi aplikasi ini hanya diizinkan untuk digunakan oleh kamu yang sudah berusia 18+.

7. Happn

Happn

Cukup sediakan 72 MB ruang kosong di memori smartphone kamu dan Happn akan mempertemukan kamu dengan orang-orang dari berbagai negara yang mungkin saja salah satunya adalah jodoh kamu.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur premium dengan harga mulai dari Rp 8.000 – Rp 2.500.000 per item, tapi jika tak ingin mengeluarkan uang, kamu bisa menggunakan fitur dasarnya secara gratis.

Happn adalah aplikasi dating seluler yang menggunakan lokasi smartphone untuk menampilkan pengguna lain yang kira-kira cocok dengan kamu dan lokasinya paling dekat dengan kamu.

Tapi, kamu juga berpotensi untuk menemukan jodoh dari negara lain dengan menggunakan filter pencarian berdasarkan lokasi. Resmi diluncurkan pada tahun 2014 di Paris, Happn kini memiliki 40.000 pengguna aktif harian dengan total perangkat yang menginstalnya sudah lebih dari 10 juta.

Jika ada pengguna lain yang membuat kamu tertarik, maka kamu bisa menekan tombol hati secara diam-diam dan pengguna tersebut tidak akan tahu sampai ia juga menekan tombol yang sama.

Tapi jika ingin tampak menonjol dan mendapat respon cepat, kamu bisa langsung mengirimkan “FlashNote”. Setelah mendapat respon, kini kamu bisa saling mengirim chat atau melakukan video call di dalam aplikasi.

Aplikasi ini dibuat dengan prinsip timbal balik, yang akan membuat kamu tidak akan pernah dapat menerima chat dari pengguna lain yang tidak kamu like atau minati.

8. Yo-Cutie

Yo-Cutie

Sebuah perusahaan developer bernama App Fiction GmbH membuat Yo-Cutie sebagai salah satu aplikasi cari jodoh yang 100% gratis untuk di download dan digunakan. Tampilan dan fitur Yo-Cutie cukup sederhana termasuk chat dan video call.

Jika tertarik mencoba, kamu hanya perlu menyiapkan alamat email yang valid untuk mendaftar, ruang kosong sekitar 20 MB, menggunakan Android versi 4.4 atau di atasnya, dan usia kamu sudah harus 18 tahun atau lebih.

Secara keseluruhan, proses pendaftaran akun di aplikasi ini sangat sederhana karena kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi pribadi dasar seperti lokasi dan usia lalu menjawab sederet pertanyaan untuk memberikan algoritma dan membuat Yo-Cutie memilihkan pengguna lain yang cocok dengan kamu.

9. Clover Dating

Clover-Dating

Clover Dating adalah aplikasi cari jodoh lain yang juga cukup populer di sejumlah negara termasuk Indonesia. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedianya fitur live streaming.

Jadi, selain menemukan jodoh, kamu juga bisa mendapat banyak teman dengan mudah, baik dari dalam atau pun luar negeri. Aplikasi buatan Clover Inc. juga memungkinkan kamu untuk memfollow dan mendapat follower seperti pada platform Instagram.

Kamu bisa mengirim pesan ke pengguna lain dengan mudah, bisa mencari pengguna di sekitar lokasi kamu atau gunakan filter lokasi untuk mencari pengguna dari negara yang berbeda, dan bahkan ada juga fitur join grup.

Aplikasi ini gratis untuk di download dan digunakan dengan uji coba 7 hari. Selanjutnya kamu bisa memilih salah satu paket berlangganan yang ditawarkan oleh aplikasi, atau nikmati fitur premium tunggal yang bisa kamu beli dengan harga Rp 3.000 – Rp 1.425.000 per item.

10. Curvy Single Dating

Curvy-Single-Dating

Sesuai namanya, aplikasi ini sebenarnya dibuat khusus untuk wanita dan pria dengan bentuk tubuh curvy yang ingin menemukan jodoh secara online. Tapi kamu dengan bentuk tubuh lain juga bisa ikut menggunakannya untuk menemukan jodoh atau teman dari Inggris, AS, Kanada, Jerman, Australia, dll.

Aplikasi ini dikembangkan oleh WooPlus Dating for Curvy People dan kini sudah digunakan oleh jutaan orang dari berbagai negara. Antarmuka aplikasi ini sangat ramah pengguna dan memiliki tampilan bersih dan bebas iklan. Kamu bisa menginstall Curvy Single Dating di perangkat iOS atau pun Android.

Aplikasi ini memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi cari jodoh lainnya. Setelah membuka aplikasi untuk pertama kali, kamu akan diminta untuk untuk mendaftar akun dengan email atau nomor telepon.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk menyertakan foto dan deskripsi singkat tentang diri kamu, dan setelahnya kamu bisa melihat profil wanita atau pria lain yang lokasinya dekat dengan kamu.

Jika tertarik dengan salah satu pengguna, kamu bisa menekan tombol suka untuk memberitahu mereka dan menunggu responnya.

11. Badoo

Badoo

Aplikasi ini sama populernya dengan Tinder dan TanTan dan sudah diinstall oleh lebih dari 100 juta orang. Kamu bisa mendownload dan menggunakan Badoo secara gratis tapi harus membayar jika ingin menggunakan beberapa fitur premium, dengan harga berkisar dari Rp 15.000 – Rp 3.244.000 per item.

Namun sebelum membayar, beberapa fitur premium ini bisa kamu nikmati dalam uji coba gratis 7 hari. Badoo bisa kamu akses dari perangkat iOS, Android, dan browser desktop.

Kamu bisa menemukan jodoh dengan swipe kiri atau kanan, atau temukan pengguna terdekat dari lokasi kamu atau lokasi lain dari berbagai negara. Ada sekitar 47 pilihan bahasa di dalam Badoo dan lebih dari 190 pilihan negara.

Kamu bisa langsung mendaftar Badoo dengan akun Facebook, Instagram, nomor telepon, atau alamat email. Sedangkan fitur komunikasi di dalamnya termasuk chat, telepon, dan video call.

12. Setipe

Setipe

Jika ingin aplikasi asli buatan dalam negeri, maka kamu bisa download Setipe yang dikembangkan oleh Setipe.com. Selain berkesempatan untuk mendapat teman online baru dan pacar, kamu juga bisa berkonsultasi online tentang perjodohan.

Setelah membuat akun, Setipe akan meminta kamu mengisi kriteria jodoh yang diinginkan, mengisi daftar pertanyaan di bagian tes karakter dan tes kepribadian, mengupload foto, dan selanjutnya Setipe akan menjodohkan kamu dengan pengguna lain yang kira-kira paling sesuai dengan yang kamu inginkan.

Kamu bisa klik tombol “Love” jika menyukai pengguna lain, dan klik tanda X jika kurang menyukainya. Jika kamu memilih opsi kedua, maka kamu perlu 24 jam untuk memperoleh kandidat berikutnya yang dicarikan oleh Setipe.

Jika misalnya kamu dan pengguna lain sama-sama cocok dan ingin menjalin hubungan yang serius, Setipe juga menyediakan layanan VIP yang akan membantu memverifikasi profil kamu dan pengguna lain tersebut untuk memastikan bahwa data yang digunakan tidak palsu.

Aplikasi cari jodoh dapat membantu kamu menemukan teman baru atau memulai hubungan yang lebih serius dengan orang yang kemungkinan adalah jodoh kamu. Jadi jika kebetulan kamu adalah tipe introvert yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah, menginstall salah satu aplikasi di atas bisa kamu coba.

 

Lihat Juga :