Kenapa Saat Ciuman Kita Memejamkan Mata? Ini Jawabannya


menium

Berciuman adalah ekspresi paling umum yang sering dilakukan oleh sebuah pasangan. Ciuman di bibir memberikan rasa nyaman terhadap masing-masing pasangan. Umumnya, pasangan kekasih memejamkan kedua mata ketika sedang berciuman. Kenapa demikian?

Ternyata fenomena memejamkan mata saat berciuman mesra diteliti oleh dua orang psikologis, yakni Pilly Dalton dan Sandra Murphy.

Dilansir dari kompas.com, disebutkan jika Dalton dan Murphy melakukan percobaan dengan bantuan responden. Responden diminta untuk melakukan tugas mencari huruf yang berbeda. Tangan mereka, saat melakukan tugas, dipasang alat getar.

Ketika responden diminta mencari huruf yang cukup rumit, mereka tidak merasakan getaran pada tangan mereka. Mata mereka terlampau sibuk untuk mencari huruf dan otak mereka fokus pada tugas.

Percobaan tersebut diindentikan dengan waktu ciuman dengan membuka mata. Mereka tidak bisa merasakan getaran atau gerakan bibir karena mata mereka terbuka.

Dalton dan Murphy yang mempublikasikan penelitiannya di Journal of Experimental Psychology Human Perception and Performance, mengungkapkan, jika saat berciuman sulit bagi otak untuk fokus terhadap indera yang lain.

Ketika membuka mata dan mendapat rangsangan visual, maka fokus otak akan berubah drastis.

Pandangan mata akan mengalihkan perasaan nayaman dan nikmat yang dituimbulkan oleh ciuman. Terbukan mata mengganggu konsentrasi perasaan yang nyaman dan sedang menikmati berbagai hal yang tercipta dari ciuman.

Dari vemale.com disebutkan beberapa alasan kenapa seseorang cenderung menutup matanya ketika berciuman.

Beberapa alasan mengapa seseorang menutup mata saat berciuman antara lain:

  • Seseorang akan menutup mata sebagai gerakan reflek untuk mengurangi tekanan emosional yang kuat, yang sering terjadi saat seseorang berciuman.
  • Menutup mata akan memaksimalkan kerja indra perasa. Sensasi ciuman lebih baik ketimbang berciuman dengan mata terbuka.
  • Sentuhan kulit akan menunjukan sebuah keintiman, sehingga tidak memerlukan kedekatan secara visual. Jadi tanpa melihatnya, Anda tahu dia ada di dekat Anda. Semakin dekat dan dekat dengan ciuman itu.
  • Mata yang terjaga adalah bentuk dari perlindungan dari serangan atau gangguan. Bila Anda sengaja menutup mata, itu menunjukkan bahwa Anda merasa nyaman dan aman dengan situasi yang terjadi.
  • Beberapa orang mengatakan bahwa berciuman dengan mata tertutup membuat mereka lebih fokus dan melupakan sebentar masalah apapun yang sedang terjadi.

Penelitian lain menyebutkan bahwa ciuman sama dengan olahraga. Menurut artikel di Quartz, ciuman penuh hasrat membakar kalori dalam jumlah yang sama dengan berjalan selama tiga mil per jam.

Pasalnya, ciuman memanfaaatkan 30 otot untuk membakar 26 kalori setiap menit, sedangkan berjalan tiga mil per jam hanya membakar lima kalori/menit.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler


Berita sebelumyaNgaku Didukung Umat Islam, PKS Tegas Tolak RUU Penghapusan Kejahatan Seksual, Kenapa?
Berita berikutnyaWanita Ini Ngaku Dihamili Jin Saat Suaminya 2 Tahun Merantau, yang Terjadi Selanjutnya Malah….