Heboh Broadcast Kupon Makan Gratis McD, Perusahaan Buka Suara Netizen Temukan Kejanggalan


SURATKABAR.ID – McDonald’s atau yang lebih akrab disebut McD (baca Mekdi) merupakan perusahaan waralaba rumah makan siap saji terbesar dan terpopuler di dunia. Menu utama yang ditawarkan restoran-restoran ini adalah hamburger, minuman ringan dan kentang goreng.

Namun kini para konsumen bisa menikmati aneka makanan menggunakan resep lokal yang sengaja disesuaikan dengan lokasi restoran cepat saji ini berada. Misalnya di Indonesia, mereka menyediakan menu dengan nasi sebagai menu utama.

Dan baru-baru ini, seperti yang dilansir dari laman Grid.ID pada Kamis (24/5/2018), para pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp digegerkan dengan isi pesan berantai yang disebutkan dibuat oleh perusahaan waralaba asal Amerika Serikat ini.

Pesan berisi kupon gratis dengan jumlah sebesar Rp 225.000 yang diberikan langsung oleh McDonald’s Indonesia kepada mereka yang beruntung. Siapa cepat dia dapat. Namun mereka diwajibkan untuk meng-klik sebuah link yang disertakan dalam pesan berantai tersebut.

Kolom komentar pada unggahan terakhir akun media sosial Instagram milik McDonald’s, @mcdonaldsid, sejak lima hari terakhir pun dibanjiri pertanyaan terkait hal tersebut. Kebanyakan isi komentar meragukan isi pesan. Bahkan ada yang mengaku melihat kejanggalan.

Baca Juga: Keterlaluan, Restoran Burger Ini Tampilkan Adegan Dewasa di TV Area Gerainya

Ada voucher yg mengatasnamakan McDonald’s nih, benar kah McDonald’s sedang bagi bagi voucher senilai 250.000?” tulis akun bernama @indah_nurfKa.

@mcdonaldsid Apa kah kalian emang lagi bagi bagi voucher senilai RP. 250.000 ? Soalnya di WA banyak yang menyebarkan link nya, thanks,” ujar @divarla_.

Lihat aja itu penulisan Rp 255.00,00 bukan Rp 255.000,00,” tukas akun lain dengan nama @reysapratiwie.

@yenny.azanti itu kayanya hoax. Soalnya management mcd nya pun tidak mengiklankan apapun tentang voucher gratis itu,” tulis @firman_aryadiansyah.

Tidak sedikit pula yang menduga bahwa link dalam pesan tersebut merupakan Malware. “Itu Malware… Data2 di hp bisa di jebol,” komentar @dimas_alit.

Sementara pemilik akun bernama @wellyerizal mengungkapkan bahwa dirinya telah menghubungi call center resmi untuk memastikan berita tersebut. “Kupon Gratis McD 250.000 itu HOAX guys. Saya udah nelpon call centernya barusan.”

Menindaklanjuti isi pesan berantai, seperti dikutip Grid.ID dari eksperimen yang dilakukan TribunSolo.com, begitu seseorang meng-klik link yang disertakan dalam broadcast tersebut, maka mereka akan langsung terhubung ke sebuah survei, di mana berisi tiga pertanyaan.

Apabila kita sudah menjawab tiga pertanyaan tersebut, akan muncul perintah selanjutnya untuk membagikan kepada 30 kontak WhatsApp sampai panel penuh. Namun begitu icon WhatsApp ditekan melalui perangkat komputer, panel bukannya membawa pengguna ke WhatsApp, malah bertambah.

Usai panel penuh, pengguna akan dibawa ke sebuah link lain. Namun alamat link tersebut dipastikan bukan website resmi milik McDonald’s. Sementara itu, pihak McDonald’s Indonesia sendiri telah memberikan pernyataan resmi melalui akun Twitter @McDonalds_ID, pada Rabu (24/5) kemarin:

Sehubungan dengan Promosi kupon gratis Rp 255.000 dari McDonald’s Indonesia adalah tidak benar adanya atau hoax. Harap waspada terhadap semua jenis penipuan yang mengatasnamakan McDonald’s Indonesia. Semua promo McDonald’s Indonesia terdapat di situs resmi http://www.mcdonalds.co.id,” bunyi pernyataan @McDonalds_ID.