Jangan Salah, Ternyata Ini Waktu Terbaik Minum Vitamin


SURATKABAR.ID Banyak jenis vitamin yang dapat dikonsumsi dalam bentuk produk olahan seperti tablet atau sirup. Ternyata, agar penyerapan vitamin oleh tubuh dapat lebih maksimal ada waktu-waktu baik tertentu yang mulai harus Anda perhatikan.

Menurut ahli nutrisi dari Youvit, Rachel Olsen waktu tepat mengonsumsi vitamin adalah setelah makan.

“Dianjurkan minum vitamin itu setelah makan. Sebab, vitamin A, D, dan E, itu larut di lemak jadi gampang diserap tubuh kalau ada lemak jadi gampang,” jelas dia, Senin, (30/4/2018), seperti dikutip dari Viva.co.id.

Meski begitu, ditegaskan Rachel, penyerapan vitamin juga tergantung pada sistem pencernaan masing-masing individu.

“Tergantung dari sistem pencernaan seseorang. Bisa mengonsumsi sebelum makan, tapi untuk yang optimal lebih baik setelah makan,” tambahnya.

Baca Juga: Selama 8 Tahun Hanya Makan Buah, Seorang Pria Klaim Dirinya Punya Kekuatan Super

Rachel juga membantah soal banyaknya anggapan dari masyarakat bahwa mengonsumsi vitamin baik dilakukan sebelum tidur.

“Itu mitos. Kalau vitamin B complex dikonsumsi malam hari bagaimana optimalnya? Karena kalau tidur enggak makan lagi jadi vitamin tidak terlalu bekerja jadi lebih baik vitamin diminum setelah makan,” terangnya.

Namun hal itu dikecualikan untuk vitamin yang mengandung omega 3.

“Tapi kalau untuk mengonsumsi omega 3 bagusnya memang sebelum tidur. Karena saat tidur otak melakukan regenerasi,” imbuhnya.

Beberapa orang mungkin merasa tidur mereka terganggu karena mengonsumsi multivitamin sebelum tidur, hal ini menyebabkan mereka terbangun lebih sering pada malam hari dan menjadi kurang tidur.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ada keterkaitan antara penggunaan multivitamin dan kualitas tidur. Namun, tidak membuktikan bahwa vitamin tersebut menyebabkan masalah tidur.

Meski demikian, sebaiknya konsumsi vitamin juga harus Anda sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin.