Mesin Meledak di Udara, Rekaman Percakapan Pilot Southwest dan Petugas ATC Bikin Merinding


SURATKABAR.ID – Dunia penerbangan kembali mengalami insiden mengerikan usai salah satu mesin pesawat maskapai Amerika Serikat (AS), Southwest Airlines meledak di udara pada Selasa (17/4), waktu setempat yang menewaskan seorang penumpang.

Dilansir laman Detik.com, pesawat Boeing 737-700 yang lepas landas dari bandara New York menuju Dallas tersebut mengalami insiden fatal pertama dalam penerbangan komersial AS sejak satu dekade ketika berada di ketinggian sekitar 30 ribu kaki.

NBC News merilis rekaman percakapan yang terjadi antara petugas kontrol lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) dengan pilot pesawat Southwest Airlines usai ledakan mesin terjadi. Akibat kecelakaan tersebut, pesawat tak dapat melanjutkan penerbangan dan harus mendarat di Philadelphia.

Pilot wanita bernama Tammie Jo Shults yang memegang kendali utama pesawat Southwest Airlines menjelaskan pesawat mereka kehilangan satu bagian. Karena hal tersebut, mereka perlu memperlambat kecepatan dan melakukan pendaratan darurat.

“Ada bagian dari pesawat yang hilang, jadi kami perlu sedikit memperlambat,” demikian suara Tammie Jo Shults mengawali percakapan tentang insiden yang dialaminya, seperti dikutip laman Detik.com dari AFP pada Rabu (18/4/2018).

Baca Juga: Naas, Pramugari Kehilangan Nyawa Setelah Terjatuh dari Pesawat Boeing 777

Tammie juga meminta paramedis ditempatkan di landasan, mengingat sejumlah penumpang mengalami luka akibat kejadian tersebut. “Bisakah Anda juga menempatkan paramedis di landasan untuk menemui kami? Kami ada penumpang-penumpang yang terluka.”

Merespon pilot Southwest Airlines, petugas ATC menanyakan kondisi pesawat lebih jelas untuk memastikan keadaan sebenarnya. “Apakah pesawat Anda secara fisik terbakar?”

“Tidak, pesawat tidak terbakar, tapi ada bagiannya yang hilang. Mereka mengatakan ada lubang dan seseorang tersedot keluar,” tutur sang pilot menggambarkan kondisi di dalam pesawat.

Insiden mengerikan tersebut diberitakan dialami pesawat Southwest Airlines yang terbang dari New Yorl menuju Dallas, Texas, Selasa (17/4), waktu setempat. Sebanyak 149 orang mnjadi penumpang dalam pesawat berjenis Boeing 737-700 tersebut.

Salah satu mesin pesawat tiba-tiba meledak di udara dan terlepas. Serpihan mesin melayang, lalu mengenai kaca jendela pesawat hingga pecah dan menewaskan penumpang wanita yang duduk tepat di dekat jendela berlubang itu.

Menurut penuturan para saksi mata, tubuh penumpang malang tersebut sempat tersedot sebagian ke luar jendela pesawat yang berlubang. Namun berkat tindakan cepat penumpang lainnya, tubuh korban berhasil ditarik kembali masuk ke dalam pesawat. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, wanita tersebut dinyatakan meninggal dunia akibat luka-luka yang tersebut.

Usai mengalami insiden mengerikan tersebut, diberitakan pesawat Southwest Airlines berhasil mendarat darurat di landasan bandara Philadelphia. Dan menurut laporan dari media lokal, sebanyak tujuh orang mengalami luka-luka dalam insiden itu.