Singgah di Papua, Jokowi Bagikan Ribuan Paket Sembako


Ribuan warga Papua antre sembako. Foto: Okezone

SURATKABAR.ID – Pada Kamis (12/4/2018) pagi Presiden Joko Widodo menyempatkan bagi-bagi sembako untuk ribuan mama-mama Papua sebelum akhirnya bergerak ke Kabupaten Mimika melewati Bandara Sentani. Sembako tersebut dibagikan di daerah Expo Waena Kelurahan Warna distrik Heram Jayapura.

Seperti dilansir dari Okezone.com, Kepala Kelurahan Waena Kundrat Tukayo menjelaskan bahwa sembako dari Presiden dibagikan dengan sistem kupon untuk warga di wilayah tersebut.

“Jadi ini sembako dibawa langsung dari Jakarta, dan sengaja dibagikan khusus kepada mama Papua di wilayah ini. Pendaftar sejak semalam itu 1.800 orang, sementara kupon yang disiapkan sebanyak 1000 kupon saja,” ucap Kundrat, Kamis (12/4/2018).

Kundrat mengaku walau hanya 1000 kupon, namun pihaknya yang sudah menerima mandat secara langsung supaya menyalurkan sembako mengupayakan membagi secara merata. Sembako itu terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg, teh bendera satu bungkus dan minyak goreng kemasan 1 liter.

“Memang dikhususkan untuk mama Papua, namun bingkisan tadi juga dibagi ke sopir-sopir, pangkalan-pangkalan ojek, masing-masing 20 bingkisan sesuai kuota yang disiapkan,” ujarnya.

Baca juga: Pembagian Sembako Jokowi Dikaitkan Pemilu, Mensos Beri Komentar Menohok

Kericuhan sempat terjadi karena ada masyarakat yang tak kebagian bingkisan. Tetapi karena kurang persiapan ia mengakui memang banyak warga yang tidak kedapatan sambako tersebut.

“Ini pembagian sembako biasa begitu, diamana-mana pasti ada gesekan. Ada yang tidak dapat dan segala macamnya itu biasa, hanya kedepan kalau ada kayak begini lagi perlu ada koordinasi tinggal RT dan RW. Karena ini pembagian juga dadakan,” ujarnya.

Salah satu mama Papua, Dorsila Dematouw, mengaku senang dan juga berterima kasih lantaran mendapatkan bingkisan dari Presiden Jokowi.

“Terimakasih untuk bapak Jokowi karena dari sopir taksi sampai penjual ikan dan pedagang disini dapat bingkisan, hanya kalau bisa kedepan bisa lebih baik lagi karena masih ada warga kita yang belum dapat sembako,” tuturnya.

Menurut pantauan, warga banyak yang sudah mengantre sembako saat pagi kembali mengantre lagi sehingga mendapat lebih dari satu bingkisan. Akibatnya banyak warga yang tidak kebagian karena bingkisan sembako sudah habis.

Hari Kamis (12/4/2018) Presiden Joko Widodo terbang bersama rombongan menuju Kabupaten Mimika dengan menggunakan pesawat kepresidenan kemudian mengunjungi Kabupaten Asmat.

Agenda Jokowi adalah melihat langsung kondisi terakhir mengenai kesehatan warga yang berada di Kabupaten Asmat usai peristiwa Kejadian Luar Biasa (KLB) campak serta gizi buruk pada wilayah tersebut.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDukung Prabowo, Amien Rais Sebut Jokowi Mulai Turun Pamor
Berita berikutnyaKlarifikasi Rocky Gerung Soal Pernyataan Kitab Suci Fiksi