Luhut Sebut SDM Lokal Belum Mampu Bersaing dengan Pekerja Asing


Foto: CNN Indonesia

SURATKABAR.ID – Sumber Daya Manusia (SDM) lokal belum siap bersaing dengan Tenaga Kerja Asing (TKA). Demikian hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

“Karena kalau kita marah-marah orang Indonesia, SDM kita tidak siap. Sekarang, kami siapkan, kami tidak menyalahkan yang lalu,” katanya dalam pidato yang dia sampaikan pada Jakarta Food Security Summit (JFFS) ke-4 di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Di Indonesia untuk sekarang ini tenaga kerja yang kompeten dan punya keterampilan khusus di sejumlah sektor itu masih kurang jumlahnya. Oleh karena itu, Luhut menilai kalau ada TKA yang masuk ke Indonesia harusnya masyarakat tidak perlu merasa khawatir.

Dia pun mencontohkan, di Singapura ada sejumlah kurang lebih 3 juta TKA. Itu jumlah yang cukup besar dan di sana tak jadi masalah. Malah, Singapura berkembang jadi negara maju.

“Tapi, saya kira setelah lima sampai 10 tahun, kalau kita belajar seperti Singapura, ada 3 juta orang asing. Tidak ada urusan. Mereka jadi tambah bagus. Kita harus bangsa yang berani fighting (berjuang),” ujarnya, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Menurutnya sekarang sedang menyelesaikan izin kerja TKA untuk visa. Diusulkan oleh Luhut jika ada TKA yang terikat kontrak dengan perusahaan di Indonesia, maka TKA yang bersangkutan harus dapat bekerja mengikuti kontran itu lalu meninggalkan Indonesia di kemudian hari.

“Kalau punya kontrak dengan perushaan di Indonesia, maka perusahaan itu berikan kontrak dengan Anda tiga tahun, maka Anda dapat visa tiga tahun dan izin kerja tiga tahun,” kata Luhut.

Dia pun menambahkan, Indonesia saat ini perlu untuk mencari solusi dan tak usah berdebat soal masalah TKA tersebut. Tenaga kerja Indonesia kini tengah dipersiapkan oleh pemerintah supaya punya keterampilan khusus, agar nantinya bisa bersaing. Langkah upayanya adalah melalui pengembangan pendidikan serta pelatihan vokasi.

“Bikin kerja sama dengan Menteri Perindustrian ada politekniknya, sekarang mereka sedang melatih. Nah, itu nanti yang menggantikan orang-orang asing nanti,” ucapnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPidato di Depan SBY, Jokowi: Saya Seorang Demokrat
Berita berikutnyaJK Nyatakan Siap Balas Generang Perang yang Ditabuh Trump