Waduh! Ditahan Karena Tipu Warga Jogja Rp 12 Miliar, Ini Modus Selebgram Angela Lee dan Suami


SURATKABAR.IDArtis sekaligus selebritas Instagram (selebgram) berwajah cantik Angela Charlie (31) atau yang lebih akrab dengan panggilan Angela Lee diciduk Polres Sleman atas tuduhan menipu dengan melakukan pencucian uang terhadap warga Yogyakarta hingga kerugian mencapai Rp 12 miliar.

Ditangkap bersama sang suami, David Hardian Sugito (36), Angela dilaporkan oleh Santosa Tandyo yang merupakan warga Kota Gudeg usai merasa ditipu oleh pelaku. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Sleman AKP Rony Are, dilansir dari laman Liputan6.com.

“Pelaku kami panggil pada 5 Februari 2018. Setelah menjalani pemeriksaan, keduanya langsung ditahan di Polres Sleman,” terang AKP Rony Are ketika jumpa pers yang digelar di Polres Sleman pada Rabu (28/2), dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (1/3/2018).

Berdasarkan hasil penyidilan, kasus terkuak ketika Santoso menyerahkan uangnya sebagai investasi untuk bisnis tas impor yang dijalankan oleh tersangka sejak bulan Februari tahun lalu. Bisnis tas impor dengan merek mulai dari Hermes, Channel, hingga Chopard menjadi modus Angela dalam kasus ini.

Menurut pengakuan korban, pada dua bulan pertama, bisnis yang dijalankan Angela berjalan dengan lancar tanpa kendala. Namun sayangnya, memasuki bulan Mei 2017, bisnis menggiurkan tersebut mulai tersendat dan tak ada penjelasan dari Angela kepada warga yang menanamkan investasinya.

Lebih parahnya lagi, Angela menggunakan uang yang didapatkannya dari Santoso untuk menutupi utang pada orang lain. Tak hanya itu. Model berparas cantik ini bahkan memakai uang yang diberikan korban secara bertahap untuk membeli rumah dan juga mobil-mobil bermerek, seperti Rubicon Wrangler.

Semua berlanjut hingga total investasi yang ditanamkan Santoso kepada Angela mencapai angka Rp 12,2 miliar. “Perjanjiannya, ada keuntungan 10 persen. Enam persen untuk pelaku (Angela dan suami), dan empat persennya untuk yang investasi,” jelas Santoso.

Atas perbuatannya, baik Angela maupun sang suami dijerat dengan Pasal 3 dan Pasal 4 Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman kurungan penjara hingga 20 tahun dengan denda sebesar Rp 10 miliar.

“Barang bukti yang kami sita ada 43 buah tas, mobil, sebuah gawai, beberapa kartu ATM, dan sejumlah dokumen barang bukti. Barang bukti bernilai tinggi kami titipkan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara,” terang Rony lebih lanjut.

Ketika dimintai keterangan alasannya menipu para investor yang menanamkan modalnya untuk bisnis tas impor yang dijalankannya, Angela mengakui uang tersebut digunakan membeli rumah, mobil, dan juga membayar utang,” ujar Angela.

Angela, sang model yang sering tampil sebagai cosplayer ini memang sangat eksis di Instagram. Ia kerap membagikan foto-foto dirinya di akun media sosial Instagram sengan nama Barbie Jowo sebelum diamankan oleh petugas kepolisian atas kasus dugaan penipuan dan pencucian uang.

Berikut beberapa foto yang sempat diunggah Angela Lee sebelum mendekam di balik jeruji besi: