Rio Haryanto Akan “Dibajak” Malaysia, Ini Reaksi Menpora


15rio_haryanto

Nama Rio Haryanto menjadi perbicangan public Indonesia akhir-akhir ini, bahkan tidak hanya masyarakat dalam negeri, di kalangan olahraga formula one (F1) juga banyak yang ikut membahas pembalam asal Jawa Tengah tersebut.

Sempat hampir terganjal masuk F1, kini Rio sudah resmi masuk dalam team Manor untuk melaju di lintasan F1 musim depan. Meski demikian, masih ada bererapa ganjalan dan isu yang menghangat seiring masuknya Rio ke balapan mobil nomer wahid di dunia tersebut.

Dlansir dari detik.com, disebutkan jika Rio Haryanto dikabarkan mendapat tawaran sponsor dari Malaysia. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pun mendorong segala pihak dari dalam negeri untuk bergerak bersama.

Rio sampai saat ini sebenarnya masih memiliki kekurangan dana 9,75 juta euro untuk diberikan kepada Manor, dari total 15 juta yang diminta. Sejauh ini baru Pertamina, perusahaan dalam negeri yang berkomitmen memberikan bantuan untuk Rio.

Dikala pihak Rio sedang berusaha mencari tambahan dana seponsor tersebut, terdengar sebuah isu mengenai pemerintah Malaysia akan menyuntikkan dana sebagai sponsor. Malaysia disebut ingin mencantumkan slogan kampanye pariwisata ‘Visit Malaysia’ di mobil Rio.

Tentu saja kabar ini membuat banyak pihak khawatir, mengingat hal ini tidak sekedar mengenai balapan tetapi juga bersinggungan dengan isu nasionalisme. Isu mengenai usaha “pembajakan” Malaysia terhadap Rio sudah terdengar sejak tahun lalu. Al tersebut pernah diungkapkan oleh mantan Menpora Adhyaksa Dault.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>