Waspada Kecelakaan! Karena Hal Ini, Jangan Berkendara pada 2 Januari 2018


    SURATKABAR.IDBritish Medical Journal merilis pengumumam agar orang-orang menghindari mengemudi dan berkendara di jalan raya pada malam 2 Januari 2018 mendatang. Alasannya tentu berkenaan dengan keselamatan jiwa. British Medical Journal mengeluarkan maklumat ini karena menurut perkiraan, pada malam itu, kejadian kecelakaan fatal akan meningkat 5% dibanding dengan malam-malam lainnya.

    Rupanya hal ini berkaitan dengan kondisi alam yang ada, saat itu akan terjadi full moon alias bulan purnama. Dalam laporannya di British Medical Journal, Donald Redelmeier dan Eldar Shafir menerangkan sejak 1975 hingga 2014 telah terjadi total 494 full moon. Namun yang menarik, dalam kurun waktu tersebut terjadi jugalah 4.494 kecelakaan fatal di saat full moon.

    “Artinya dalam setiap full moon terjadi 9,1 kali kecelakaan fatal dari malam hingga pagi,” ungkap Donald Redelmeier dan Eldar Shafir yang meneliti di Amerika Serikat. Demikian seperti dilansir dari laman GridOto.com, Jumat (15/12/2017).

    Sedangkan pada saat malam biasa, ratio kecelakaan lebih kecil yakni berada pada 8,6 kecelakaan fatal.

    Baca juga: Hakim Ketuk Palu! Fahri Hamzah Dimenangkan, PKS Harus Bayar Rp 30 Miliar

    Laman Liputan6.com juga melaporkan hal serupa. Waspadai kecelakaan fatal yang melibatkan sepeda motor pada malam hari karena insiden lebih berpotensi terjadi saat bulan purnama. Demikian diungkap oleh para peneliti.

    Hingga saat ini, ilmuwan belum menguak kaitan pasti antara bulan purnama dengan meningkatnya angka kecelakaan. Yang ada baru perkiraan semata, misalnya keberadaan rembulan yang bersinar terang mendistraksi pengendara, terutama ketika Bulan muncul tiba-tiba degnan penuhnya dari balik sebuah bangunan atau bukit. Akibatnya, para pengemudi jadi kesulitan mengendalikan kecepatan kendaraan mereka.

    Dengan demikian, masih tidak diketahui pasti terkait apa penyebab pastinya. Bisa jadi, pengendara terganggu dengan menatap bulan. Bisa juga karena tanggal 2 Januari merupakan hari pertama setelah libur panjang tahun baru, sehingga diprediksi kondisi jalanan sangat ramai dan padat oleh para pengguna dan kendaraan.

    Baca juga: Bengis! Tak Hanya Dimutilasi, Pelaku Potong dan Memakan Alat Vital Korban

    Jadi masyarakat disarankan untuk menggunakan bus atau kendaraan umum saja untuk menuju destinasi tujuan. Believe it or not!