Fahri Hamzah Mengaku Mirip AM Fatwa. Soal Apa?


SURATKABAR.ID – Anggota DPD  Andi Mappetahang Fatwa atau lebih dikenal sebagai AM Fatwa meninggal dunia di Rumah Sakit MMC, Jakarta, Kamis (14/12/2017) pagi.

Terkait sosok politisi yang dikenal kritis ini, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah punya pandangan dan kisah tersendiri. Fahri menilai bahwa AM Fatwa merupakan sosok legenda dalam politik Islam.

Bahkan, Fahri mengatakan bahwa AM Fatwa mirip dengan dirinya. Ketika masih muda, keduanya dianggap sebagai sosok pejuang yang menentang kezaliman.

Pengakuan tersebut dikatakan Fahri dalam salah satu cuitannya di Twitter. Melalui akun @Fahrihamzah, ia menuturkan kemiripan dirinya dengan AM Fatwa.

Baca juga: AM Fatwa Dipenjara Orde Baru Karena Ceramahnya

Ada yang bilang, Bahwa suatu masa pada masa muda pak#AMFatwa @AMFatwa pernah mirip dengan saya…tapi beliau telah berjuang, dianiaya dan masuk penjara dan kembali menemui Khaliq-nya. Semoga kita Istiqomah sampai akhir hayat seperti beliau,” tulis Fahri di Twitter, seperti dilansir liputan6.com.

Kematian AM Fatwa membawa duka mendalam bagi politik di Indonesia. Kamis pagi tadi, juga digelar upacara persemayaman di Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta Pusat, untuk menghormati jasa-jasanya.

Dalam acara tersebut tampak hadir sejumlah tokoh politik seperti Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Plt Ketua DPR Fadli Zon, Wakli Ketua DPR RI Agus Hermanto, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Ketika menyampaikan penghormatannya, Oesman mengapresiasi tanggung jawab almarhum selama menjabat sebagai senator. Padahal, kala itu Fatwa masih dalam pemeriksaan kesehatan.

“Almarhum seorang tokoh pejuang demokrasi, pejuang aspirasi, pemimpin yang kreatif dan berani. Kami sangat kehilangan semangat kearifan dan politik,” ujar Oesman.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Fatwa meninggal karena komplikasi penyakit uang dideritanya selama beberapa tahun terakhir. Sejak September lalu, Fatwa memang sempat keluar masuk rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang naik turun.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaWaduh! Hotman Paris Jelaskan Empat Jenis ‘Buaya’ Versinya
Berita berikutnyaTerpilih Jadi Ketum Golkar, Airlangga Ungkap Sesuatu Tentang Jokowi-JK