Mengupas Alasan PN Jaksel Tunjuk Kusno Memimpin Sidang Praperadilan Setnov


SURATKABAR.ID – Penunjukan hakim Kusno selaku hakim tunggal yang memimpin sidang gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto mendapat sorotan publik. Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Made Sutrisna menegaskan jika masyarakat tidak perlu meragukan profesionalitas hakim Kusno.

“Iya, yang jelas profesionalismenya itu tidak diragukanlah,” kata Sutrisna, Rabu (29/11/2017), dikutip dari kompas.com.

Sutrisna lantas membeberkan prestasi yang dimiliki oleh hakim Kusno. Salah satu hal yang menjadi cerminan perihal kinerja Kusno adalah jabatan yang diemban Kusno sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kalau berbicara tentang prestasi dia, tentu sudah sampai ke taraf menjadi wakil ketua pengadilan setingkat di Jakarta itu tentu sudah melalui ujian-ujian, fit and proper test, ya,” ujarnya.

Ia lantas menjelaskan jika hakim Kusno bukanlah orang baru di lingkungan PN Jaksel. Sekitar tahun 2004, ia pernah menjadi hakim anggota tiga tahun.

Baca Juga: Sesumbar Punya Senjata Api, Fredrich Bakal Dipanggil Polisi

Tidak hanya itu, hakim Kusno juga tercatat pernah menjabat sebagai pimpinan di sejumlah pengadilan di daerah. Terakhir, sebelum bertugas di PN Jaksel, hakim Kusno menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Pontianak.

“Setelah menjadi pimpinan-pimpinan di daerah, ikut fit and proper test dan sekarang menjadi wakil ketua lagi di Jakarta Selatan,” ujar Sutrisna.

Meski demikian, Sutrisna tidak merinci mengenai kasus-kasus yang pernah ditangani oleh Kusno. “Saya tidak terlalu hafal kasus-kasus apa, tetapi memang kasus-kasus di Jakarta Selatan pasti ada kasus-kasus besarlah, Jaksel memang banyak kasus besar,” ujar Sutrisna.

Perihal sorotan terhadap rekam jejak hakim Kusno yang pernah memvonis bebas terdakwa kasus korupsi, Sutrisna menyatakan jika putusan pasti memiliki dasar bukti-bukti dipengadilan.

“Hakim, kan, mempunyai wewenang membebaskan orang (atau) menghukum orang berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan di persidangan,” ujar Sutrisna.

Baca Juga: Pengacara Setnov: Warisan Saya Untuk 10 Turunan Nggak Habis, Saya Bukan OKB!

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti mengenai rekam jejak hakim Kusno dalam hal menangani kasus korupsi. Menurut ICW, hakim Kusno tercatat beberapa kali menvonis bebas atau memberikan hukuman ringan terhadap terdakwa kasus korupsi.

“Saat menjabat sebagai Hakim Pengadilan Negeri Pontianak, Hakim Kusno tercatat pernah membebaskan empat terdakwa kasus korupsi,” kata Koordinator Divisi Monitoring Hukum ICW Emerson Yuntho dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11/2017).


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKejam! Oknum Polisi Tega Aniaya Tukang Cukur, Ternyata Penyebabnya…
Berita berikutnyaFredrich Gunakan Hak Imunitas, Begini Kecaman ‘Nyelekit’ Hakim Saldi Isra