Heboh Para Pendukungnya Serukan Uninstall Traveloka, Reaksi Anies Baswedan Bikin Adem


SURATKABAR.ID – Pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melampiaskan kekesalan mereka terkait aksi walk out saat acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius yang berbuntut panjang. Aplikasi e-commerce Traveloka rupanya terkena imbas aksi walk out yang diprakarsai komposer Ananda Sukarlan itu. Pendukung Anies menyuarakan menyuarakan boikot Traveloka di Twitter. Akibatnya, tagar #UninstallTraveloka sempat jadi trending topic pada Selasa (14/11/2017).

Usut punya usut, Traveloka ikut terseret karena ada sosok Derianto Kusuma di sana. Bos Traveloka, yang juga alumni Kolese Kanisius itu, disebut-sebut mendukung aksi WO Ananda Sukarlan Cs. Demikian sebagaimana dikutip dari reportase JPNN.com, Rabu 15/11/2017).

Menanggapi hal tersebut, Anies meminta agar warganet tidak menghakimi Derianto dan menyerang Traveloka. Pasalnya, beda pandangan politik itu merupakan hal yang wajar.

“Jadi mari kita biasakan untuk beda pandangan. Banyak hal saling menghormati, menghargai tanpa harus melakukan penghukuman-penghukuman seperti itu, jadi tak perlu ada uninstall,” urai Anies demi meredakan kekesalan para pendukungnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Baca juga: Dari Anak Band Sampai Jadi Makin Religius, Begini Transformasi Sunu Vokalis ‘Matta’

Secara pribadi, Anies mengaku tidak mempermasalahkan sikap Derianto tersebut. Ia berpendapat, Pemprov DKI tak perlu sampai mengambil tindakan untuk uninstall aplikasi Traveloka tersebut. Terlebih mengingat aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi orang banyak.

“Menurut saya begini, kami hormati orang berpandangan berbeda, tidak perlu sampai uninstall. Karena Traveloka juga memberikan manfaat bagi warga banyak toh. Itu punya jasa banyak, faedah yang besar bagi masyarakat banyak,” pungkas Anies.

Pendukung Anies Termakan Hoax?

Sementara itu, Manajemen Traveloka menepis tudingan para pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada CTO Derianto Kusuma. Menurut pihak Traveloka, Derianto sama sekali tak ada hubungannya dengan aksi walkout di acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius akhir pekan lalu.

Busyra Oryza selaku PR Manager Traveloka mengatakan, Traveloka merupakan perusahaan berbasis teknologi yang didirikan oleh putera-puteri bangsa Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai saling menghargai, bertoleransi dan berinovasi. Nilai-nilai ini senantiasa diterapkan kepada karyawan maupun pemangku kepentingan eksternal.

“Kami turut berbangga bahwa salah satu pendiri kami Bapak Derianto Kusuma, menerima penghargaan dari Alumni Kanisius,” tegas Busyra saat dikonfirmasi  wartawan pada Selasa (14/11/2017), melansir JawaPos.com.

Menyoal kabar di media sosial yang mengaitkan Derianto dengan WO sejumlah alumni Kanisius, dipastikan tidak benar alias hoax. Sebab, Busyra menegaskan, Derianto tak menghadiri acara yang bertempat di JIExpo Kemayoran tersebut.

Dia mengungkapkan, saat itu Derianto sedang melakukan perjalanan dinas yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya.

“Beliau berhalangan hadir. Namun penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk meningkatkan kontribusi di masyarakat melalui peningkatan mobilitas dan memperbaiki kualitas kehidupan,” tuturnya.

Dengan keterangan itu, Busyra melanjutkan, Traveloka sudah dengan tegas menampik isu-isu yang beredar di media sosial.

“Pernyataan itu sudah mencakup poin-poin yang publik perlu ketahui. Kami harap hal tersebut dapat memberikan penjelasan mengenai isu yang sedang terjadi,” paparnya.

Sebelumnya, media sosial Twitter ramai dengan kicauan boikot Traveloka. Bahkan #UninstallTraveloka sempat bertengger di pucuk trending topic Twitter.

Perbincangan tersebut muncul sebagai buntut dari aksi Walk Out (WO) komposer kenamaan Indonesia, Ananda Sukarlan saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato dalam acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/11/2017).

Dari isu yang beredar, saat Anies Baswedan berpidato, Ananda tiba-tiba berdiri dan kemudian WO ke luar ruangan. Disebut-sebut, salah satu pendiri sekaligus CTO Traveloka Derianto Kusuma yang hadir dalam acara tersebut, ikut menyalami Ananda setelah aksi walk out dan pidato Anies.

Baca juga: Netizen Bersorak! Kevin Lilliana Raih Miss International 2017 Wakili Indonesia

Hal tersebut dianggap sebagai dukungan terhadap aksi Ananda. Namun isu itu akhirnya diklarifikasi oleh pihak Traveloka bahwa Derianto berhalangan hadir saat itu.