Terobosan Baru! Ridwan Kamil Ingin Bangun Ini di Situs Gunung Padang


SURATKABAR.ID – Sabtu (23/9/2017), Wali Kota Bandung yang juga sudah menegaskan diri menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur. Dalam kunjungannya itu, Kang Emil, sapaan akrabnya, berjanji untuk membangun infrastruktur yang lebih modern jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat dalam kontestasi Pilkada Jabar 2018 mendatang. Kang Emil nantinya ingin membangun kereta gantung di situs tersebut sejarah tersebut.

Emil menjelaskan, kereta gantung merupakan pilihan tepat untuk situs seperti Gunung Padang ini karena dapat menjaga keasrian, sekaligus melindungi bebatuan agar tidak terinjak-injak yang bisa mengakibatkan hilangnya bukti sejarahnya.

“Dengan begitu, ada jalan alternative. Jalan yang ada sekarang cukup menguras tenaga,” kata Emil, Sabtu sore, dilansir dari lama kompas.com.

Dalam lawatannya itu, Emil didampingi oleh juru pelihara situs Gunung Padang. Di sana, Emil turut menyusuri setiap ruang bebatuannya, mulai dari ruang batu kursi, batu lumbung, hingga telapak kaki. Usai menjelajahi situs Gunung Padang tersebut, Emil menyimpulkan bahwa situ sejarah di Cianjur itu menunjukkan betapa cerdasnya nenek moyang bangsa Indonesia yang mana mereka mampu memanfaatkan bebatuan untuk mengekspresikan kehidupan.

“Setiap level bebatuan ada maksudnya dan di puncaknya diduga ada singgasana,” katanya.

Baca Juga: Naas! Bayi Baru Lahir Ini Meninggal Usai Dimandikan Perawat RS

Tidak lupa Emil kemudian mengungkapkan harapannya agar situs tersebut bisa tetap terjaga dan terlindungi dari tangan-tangan jahil yang kerap melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan seperti merusak benda-benda sejarah yang ada di sana. Bukti sejarah Gunung Padang, katanya, patut untuk dilindungi.

“Kita patut bangga, bangsa Indonesia memiliki peninggalan situs budaya yang umurnya diperkirakan sudah ribuan tahun lebih tua dari situs Piramida di Mesir,” pungkas Emil.

Situs Gunung Padang sendiri hingga kini masih menyimpan misteri terkait dengan pembentukannya. Namun, Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran, Prof. Adjat Sudrajat, beberapa waktu ke belakang pernah mengatakan bahwa Gunung Padang terbentuk dari letusan gunung api purba Karyamukti lebih dari 10.000 tahun lalu.

Gunung Padang berdiri di area rawan bencana. Menurut Peneliti dari Badan Geologi, Profesor Sutikno Bronto, ada dua ancaman bencana bagi situs Gunung Padang ini, yakni gempa bumi dan longsor.