Dilukiskan Sebagai Wonder Woman di Mural Kota Solo, Begini Reaksi Menteri Susi


SURATKABAR.ID – Baru-baru ini, lukisan mural Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang diilustrasikan sebagai Wonder Woman di Solo sempat viral di media sosial. Menteri Susi yang sebagai Wonder Woman tengah bertarung dengan bajak laut—yang diumpamakan sebagai Jack Sparrow. Lantas bagaimana reaksi Susi Pudjiastuti saat melihat langsung lukisan wajah dirinya?

Diwartakan kembali dari reportase Liputan6.com, Kamis (21/9/2017), Susi berkesempatan menyambangi mural yang ada di tembok Restoran Kusumasari yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No 111, Solo. Ia melihat mural itu selepas mengikuti kirab malam 1 Sura di Puro Mangkunegaran, pada Rabu malam (20/9/2017).

Tiba di lokasi sekitar pukul 22.00 WIB, pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini terlihat masih mengenakan kebaya hitam dengan bawahan jarik. Bahkan sanggul anggun masih menghiasi rambutnya.

Kedatangan Susi disambut oleh inisiator mural, seniman Sardono W Kusumo. Mantan Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu langsung menjelaskan maksud dan penggambaran dari mural yang sejatinya dibuat dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 pada Agustus lalu.

Susi tampak antusias mendengarkan penjelasan dari Sardono W Kusumo. Terlebih saat melihat gambar Soekarno berpidato dan lukisan foto Affandi dengan tulisan “Indonesia Never Again The Life Blood of Any Nation” yang berarti ‘Indonesia tidak akan pernah menjadi darah yang menghidupi bangsa lain’.

Baca juga: Terungkap! Fakta Ini Sebutkan Mengapa Soekarno dan Jokowi Primadonakan Palangkaraya

Sardono mengaku sengaja menggambar Susi Pudjiastuti lewat wajah Wonder Woman.

“Kami lalu mengambil sosok Wonder Woman sebagi sebuah imajinasi dari sosok Bu Susi, ” kata dia.

Usai sisi kanan yang menggambarkan sejarah kemerdekaan, penjelasan bergeser ke tembok kiri yang memuat lukisan dirinya bak superhero. Susi tampak tersenyum mesem melihat rupa dirinya yang digambar di tembok jalanan kampung Jokowi itu.

Susi Pudjiastuti mengapresiasi lukisan rupa dirinya tersebut.

Ia berkomentar singkat saat disandingkan dengan superhero Wonder Woman. “Saya ini sebagai manusia biasa,” katanya seraya melemparkan tawa.

Menurut Susi, lukisan wajahnya itu bisa menjadi cambuk bagi dia untuk bekerja lebih keras.

“Ini membuat saya untuk bekerja lebih baik lagi, ” tukasnya.

Selain melihat lukisan mural dirinya, dalam kesempatan itu Susi juga melihat lukisan mural Presiden Joko Widodo yang mengenakan kaos oblong berwarna putih. Di bawah lukisan Presiden yang akrab disapa Jokowi, terparkir sebuah becak. Jika dilihat dari jauh, lukisan itu seolah-olah menggambarkan Presiden Jokowi sedang menarik becak.

Baca juga: Ditolak! Minta Konsultasi Pansus Hak Angket KPK, Jokowi: Itu Wilayahnya DPR

Susi pun diminta oleh Sardono W Kusumo untuk naik di atas becak yang terparkir di bawah lukisan mural Sang Presiden. Susi pun ketika duduk di atas becak seolah sedang ditarik oleh presiden. Aksi itu menyebabkan para pengguna jalan yang melintasi jalan di sekitar Restoran Kusumasari langsung berhenti melihat Menteri Susi.