Polisi Kantongi Bukti Foto Keterlibatan Tokoh Parpol dalam Sindikat Saracen. Siapa?


SURATKABAR.ID – Bukti dugaan adanya keterlibatan anggota partai politik dalam sindikat Saracen ditemukan Penyidik dari Direktori Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Hal itu diungkapkan oleh Kanit V Subdit III Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Purnomo dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Dagangan Ala Lapak Saracen’.

Dikutip dari laman tribunnews.com, Bukti tersebut menjadi penting, kata Purnomo, sebab sampai saat ini Saracen kerap menampik adanya keterlibatan anggota partai politik dalam jaringan atau aktivitas mereka. “Kalau ditanya siapa yang pesan atau ada kaitan parpol, sebenarnya dalam bukti digital, ada gambar (foto) dari para tersangka yang bersama tokoh-tokoh parpol. Ketika ditanya, mereka ngakunya hanya fans,” terang Purnomo.

Purnomo menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya masih mendalami keterlibatan parpol tersebut meskipun petunjuknya hanya masih dari foto saja. “Kalau dikaitkan ke penyidikan masih perlu pendalaman, apakah di balik (nama itu) mereka ini ada yang memesan,” imbuhnya.

Sebelumnya sudah diinformasikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto bahwa penyidik menemukan sejumlah nama dalam laporan hasil analisis terkait transaksi keuangan kelompok Saracen ini. Muncul dari nama-nama temuan itu adalah beberapa di antaranya merupakan orang tak asing bagi publik. “Kira-kira begitu (dikenal publik),” kata Setyo.

Baca Juga: Waw! Demi Nikahi Gadis Pemalang, Pria Belanda Rela Lakukan Ini

Setyo kemudian mengatakan bahwa temuan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh penyidik. Orang-orang yang dikenal public itu beserta nama-nama lainnya yang ada dalam hasil temuan akan dimintai keterangannya guna mengetahui peran mereka dalam jaingan Saracen itu seperti apa. “Belum tahu pasti perannya. Tapi disebut dalam LHA itu terkait dengan Saracen, maka harus diklarifikasi,” papar Setyo.

Diungkapkan oleh Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Kombes Irwan Anwar, pimpinan kelompok Saracen, Jasriadi, rencananya akan diperiksa juga kondisi kejiwaannya oleh Penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Siber. Pemeriksaan tersebut akan dilangsungkan di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Ya benar (diperiksa kejiwaannya),” kata Irwan. Ia melanjutkan bahwa pemeriksaan kejiwaan Jasriadi itu tentunya untuk kepentingan penyidikan. “Anggota saya sudah persiapan ke PMJ (Polda Metro Jaya) untuk jemput Jasriadi, mau dibawa ke RS Polri.”

Selama pemeriksaan berlangsung, Jasriadi sendiri dinilai tidak kooperatif. Penyidik sering kali mendapat keterangan berbeda dari para tersangka.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mendesak kepolisian agar bias membongkar nama-nama yang diduga menggunakan jasa Saracen. “Buka saja lah. Buka saja Saracen itu siapa, apakah dia makhluk hidup, apa dia seorang yang memfitnah dan membuat chaos Negara ini,” ujar Taufik.

Taufik pun menilai bahwa Saracen rasanya pasti digunakan untuk kepentingan politik. Maka dari itu ia meminta Polisi untuk membeberkan semuanya terkait dengan Saracen. “Sudah tangkal proses, seadil-adilnya, sebuka-bukanya siapa di balik Saracen itu. Enggak mungkin ada ibu-ibu rumah tangga menggunakan Saracen,” ucapnya.

“Ya serahkan pada hukum, enggak boleh itu (intervensi), siapa pun harus adil,” tandas Taufik.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaWaw! Demi Nikahi Gadis Pemalang, Pria Belanda Rela Lakukan Ini
Berita berikutnyaBu Risma Keluarkan Perintah, Nantinya PNS Surabaya Bakal Begini