Terbongkar! Ada Aliran Dana dari Tokoh Terkenal ke Saracen


SURATKABAR.ID – Kasus penyebaran ujaran kebecian yang menjerat kelompok Saracen terus mengalami perkembangan. Terakhir dilaporkan jika polisi mendapatkan hasil analisis (LHA) Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), di mana dalam laporan itu ada nama-nama sejumlah tokoh yang cukup terkenal.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menerangkan jika dalam waktu dekat penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal (Dittipidsiber Bareskrim) Polri bakal melakukan pemanggilan terhadap sejumlah tokoh tersebut.

“LHA dari PPATK sudah diterima, ada menyebutkan nama-nama orang (dikenal publik). Penyidik akan segera menindaklanjuti, artinya orang-orang tersebut akan dimintai keterangan,” kata Setyo di Markas Besar Polri, Selasa (19/9/2017), dikutip dari cnnindonesia.com.

Meski demikian, Setyo tidak menjelaskan secara detail mengenai peran sejumlah tokoh tersebut dalam grup Saracen. Ia juga tak berkenan untuk membuka nama-nama tokoh yang masuk dalam laporan PPATK itu.

Setyo hanya berjanji jika publik bakal mengetahui siapa mereka jika sudah dipanggil dan menjalani pemeriksaan. “Saya belum bisa bicara. Nanti kalau sudah dipanggil, diperiksa, baru saya bicara,” ujarnya.

Baca Juga: Ngeri! Eggi Sudjana Beberkan Resiko yang Bakal Terjadi jika Habib Rizieq Ditangkap

Ia juga menjelaskan perlunya para tokoh itu melakukan klarifikasi. “Disebut dalam LHA itu terkait dengan Saracen, maka harus diklarifikasi,” ucap Setyo.

Ketika didesak apakah tokoh tersebut sebagai pihak yang memesan jasa kelompok Saracen untuk menyebarkan ujaran kebecian, Setyo tak bersedia untuk menjawabnya.

Sebelumnya Setyo juga telah menyatakan jika kasus ini akan diproses secara hati-hati karena menyangkut nama baik dan kehormatan banyak orang.

“Ini kasus yang sangat besar. Maka dari itu, kami harus pelan-pelan, juga perlu amat berhati-hati karena pengusutannya menyangkut nama baik, reputasi dan kehormatan orang banyak,” terangnya di Jakarta Pusat, Sabtu (26/8/2017), dikutip dari okezone.com.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDinilai Penuh Dusta, Pidato Suu Kyi Soal Rohingya Tuai Kritik
Berita berikutnyaAda Ancaman Nyata, Panglima TNI: Jangan Beli Pesawat Yang Senjatanya Hanya Pura -Pura