Gedung Kedubes Myanmar di Jakarta Diserang Bom Molotov


SURATKABAR.ID – Gedung Kedubes Myanmar di Jalan KH Agus Salim Nomor 109, Menteng, Jakarta Pusat dilempari bom Molotov oleh orang tak dikenal, Minggu (3/9/2017). Kejadian tersebut diperkirakan berlangsung sekira pukul 02.35. Akibat bom Molotov tersebut, api sempat menyala di teras belakang lantai dua tempat Duta Besar Myanmar untuk Indonesia itu bekerja.

“Kejadiannya sekira pukul 02.35 WIB. Saat itu Bripka Tafsiful yang sedang patroli di Jl. Yusuf Adi Winata (belakang Kedubes Myanmar) melihat api di teras belakang lantai dua,” ujar Kombes Suyudi Ario Seto, Kapolres Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017), dikutip dari tribunnews.com.

Suyudi kemudian menceritakan, saat itu Bripka Tafsiful langsung memberitahukan kepada Bripka Rusdi yang berjaga di depan Kedubes soal kejadian tersebut. Lantas, Bripka Rusdi dan Brigadir Budiyanto, anggota Brimob Polda Metro Jaya, langsung menuju ke sumber api di teras belakang lantai dua itu.

“Api berhasil dipadamkan. Saat itu ditemukan pecahan botol bir yang ada sumbunya,” kata Suyudi.

Atas kejadian itu, ucap Suyudi, pihaknya terus melakukan penyelidikan terkait dengan siapa pelaku yang melempar bom Molotov tersebut. “Untuk sementara, pelaku diduga berjumlah sekira dua hingga tiga orang. mereka menggunakan mobil sejenis Toyota Avanza.”

Baca Juga: Cina Tuntut Indonesia Batalkan Penggantian Nama di Perairan Natuna, Kalau Tidak…

Suyudi menambahkan, penyidik telah melakukan pengecekan di lokasi, termasuk dengan memeriksa CCTV. “Hasil pengecekan, pada saat kejadian pelaku memberhentikan kendaraannya, kemudian setelah melempar molotov melarikan diri ke arah Jalan Imam Bonjol,” katanya.

Myanmar sampai saat ini memang tengah menjadi sorotan masyarakat di Indonesia, bahkan dunia, berkenaan degan tengah terjadinya tindakan kejam tidak manusiawi militer Myanmar kepada etnis Rohingya di  sana. Ratusan korban tewas terus berjatuhan. Belasan desa juga dibumi hanguskan.

Beredar informasi juga bahwa beberapa elemen masyarakat bakal melakukan Aksi Selamatkan Muslim Rohingya di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2017) mendatang.