Indonesia Gagal Penuhi Target Di SEA Games, Begini Reaksi Pemerintah


SURATKABAR.ID Indonesia dipastikan sudah tidak akan bergerak dari peringkat ke-5 di klasemen SEA Games 2017. Perolehan medali kontingen Indonesia berjarak jauh dengan Malaysia, Thailand, Vietnam dan juga Singapura yang menempati peringkat pertama hingga ke empat.

Atas capaian tak maksimal ini pemerintah melalui Kemenpora berjanji akan segera melakukan evaluasi terkait dengan kontingen Indonesia yang sudah berjuang di Kuala Lumpur Malaysia.

Bahkan hingga Rabu (30/08) di SEA Games 2017, perolehan medali emas Indonesia tidak akan berubah lagi dari angka 38. Dimana capaian ini jauh di bawah target yang dicanangkan sebelum pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut yaitu 61 emas dan masuk di empat besar SEA Games Malaysia 2017.

Dengan raihan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu, prestasi Indonesia masih kalah dibandingkan Singapura yang bisa menempati peringkat keempat. Untuk juara umum, Malaysia sudah dipastikan akan menyandang gelar tersebut.

Perolehan medali mereka bisa dibilang menggila dengan raihan 145 emas, 92 perak dan 86 perunggu dengan total keseluruhan 323. Ini adalah juara umum pertama buat mereka setelah pada 2001 lalu ketika Negeri Jiran tersebut juga menjadi tuan rumah.

Baca juga: Bikin Malu! SEA Games Segera Berakhir, Malaysia Malah Salah Pasang Bendera Sendiri

Tentu saja torehan buruk ini langsung memancing reaksi keras dari petinggi di Negeri ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla merasa kecewa berat.

Tak ayal prestasi yang memuaskan ini langsung memancing komentar petinggi negeri ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla merasa kecewa. “, seperti dikutip dari Sindonews.com.

“Terus terang kita kecewalah karena tidak mencapai target yang dicanangkan semula,” kata JK.

Hasil SEA Gamaes 2017 ini memang jauh lebih buru dibanding dua tahun lalu di Singapura. Dimana saat itu Indonesia berhasil mengumpulkan 55 medali emas, 50 perak dan 71 perunggu.

Hasil pada SEA Games 2017 lebih buruk dibanding pada edisi dua tahun sebelumnya di Singapura. Saat itu, Indonesia mengumpulkan 55 medali emas, 50 perak dan 71 perunggu.

“Kita pikir bisa nomor satu atau dua. Ini nomor lima dan agak jauh dengan yang nomor empat,” jelas JK.

Baca juga: Inilah Daftar Panjang Kecurangan Malaysia Terhadap Indonesia dalam SEA Games 2017

JK berharap hasil SEA Games 2017 bisa menjadi evaluasi untuk menghadapi Asian Games 2017. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah.  “Kalau Asian Games, kita masih ada waktu satu tahunlah untuk meningkatkan latihan,” kata JK.

Menanggapi kekecewaan JK, pihak Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berjanji akan segera melakukan evaluasi.

“Kami akan melakukan evaluasi secara total baik dengan cabor dan stakeholder terkait, kami harus menyikapi hasil SEA Games 2017 dengan serius jika tidak akan berdampak berbahaya untuk Asian Games yang notabenenya sudah dunia dan internasional,” urainya seperti dilansir laman resmi Kemenpora, Rabu (30/8/2017).

“Kami akan segera membuat draf laporan hasil SEA Games 2017 untuk Pak Menteri dan selanjutnya untuk dilaporkan kepada Presiden sekaligus memohon pengarahan beliau,” lanjutnya.

http://credit-n.ru/zaymyi-next.html


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBunda Sitha Ditangkap, Seperti Inilah Luapan Emosi dari Sejumlah PNS yang Dimutasi
Berita berikutnyaMendagri Tayangkan Video Muktamar HTI Ini di MK, Yusril Tak Terima dan Protes Keras