Dengan Alkohol dan Kipas Angin, Pria Ini Bagikan Cara Membunuh 8.000 Nyamuk dalam Semalam! Lihat Videonya


SURATKABAR.ID – Dan Rojas, seorang pengguna YouTube baru-baru ini membagikan penemuan baru untuk membunuh serangga nyamuk. Metodenya pun bisa dikatakan sederhana karena hanya menggunakan tiga alat yang biasa tersedia di dapur Anda. Selain insektisida, rupanya ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk membasmi serangga pembawa wabah penyakit yang satu ini.

Tak berlebihan rasanya jika gigitan nyamuk dianggap berbahaya dan mematikan. Pasalnya, berbagai penyakit yang dapat mengancam nyawa seperti demam berdarah dengue, malaria dan chikungunya ditularkan melalui gigitannya. Saat perubahan musim seperti sekarang, berbagai wabah memang kerap dibawa oleh pelbagai serangga, terutama nyamuk yang biasanya populasinya kian banyak.

Berdasarkan tutorial video yang dibagikannya, Rojas mengungkapkan hanya dibutuhkan kipas angin, alkohol dan jaring-jaring jendela saja. Dengan cara ini, Rojas bisa membunuh sekitar 4 ribu nyamuk setiap malam. Ia juga hanya menggunakan anjing pit bull-nya yang bernama Rocky sebagai umpan. Demikian sebagaimana dilansir dari reportase Tribunnews.com, Senin (7/8/2017).

Dalam video yang diposting di saluran Youtube, GreenPowerScience.com tersebut, Rojas menemukan cara cerdas menangkap ribuan nyamuk dengan cara DIY (do it youself) yang sangat mudah dan harganya pun terjangkau. Yang kita butuhkan adalah kipas blower, jaring penghalang dari serat logam, alkohol dan sebuah umpan—si Rocky.

Baca juga: Bukan Universitas Indonesia, Kampus Ini yang Jadi Peringkat Pertama Terbaik 2017

Idenya, menurut Rojas, nyamuk itu sangat tertarik pada karbondioksida.

Jadi, jika Anda perlu umpan, gunakan saja misalnya kucing, anjing, babi, burung atau hewan lain yang menghembuskan napas karbondioksida.

Terlepas dari hal itu, seperti diketahui, nyamuk tertarik dengan bau keringat manusia dan dapat mendeteksi adanya kadar protein di dalam darah yang hendak disengatnya.

Selanjutnya, sewaktu nyamuk terjebak dalam jaring-jaring, Rojas menyemprotkan larutan alkohol untuk membunuh mereka.

Jika Anda tak punya hewan peliharaan sebagai umpan, soda di dalam botol yang sedikit dibuka bisa dijadikan alternatif pengganti. Karbondioksida dari botol akan menarik nyamuk masuk perangkap.

Bagi orang yang tinggal di negara-negara dengan masalah nyamuk pembawa virus—umumnya negara tropis seperti Indonesia, cara ini ampuh untuk mencegah penyebaran epidemik zika, deman berdarah dan chikungunya.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, 5 Kebiasaan dalam Mengonsumsi Air Putih Ini Ternyata Salah!

Berikut video tutorial yang dibagikan Rojas.