Tak Banyak yang Tahu, 5 Kebiasaan dalam Mengonsumsi Air Putih Ini Ternyata Salah!


SURATKABAR.ID – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang tidak kekurangan cairan. Seperti yang sudah kita ketahui, 85 % dari tubuh manusia adalah cairan. Dengan demikian, asupan air yang cukup sejatinya menjadi kebutuhan hidup semua orang. Meski begitu, tak banyak yang tahu bagaimana cara tepat yang dianjurkan tim medis dalam mengonsumsi air putih.

Mengutip Boldsky via Antaranews.com, Jumat (4/8/2017), berikut adalah kesalahan umum yang kerap dilakukan dalam mengonsumsi air putih.

  1. Minum Berlebihan

Jangan memaksakan diri minum terlalu banyak air putih dalam satu hari sekaligus. Misal, Anda memaksa diri meminum satu galon air dalam sehari, berarti Anda minum terlalu banyak. Alih-alih menyehatkan, membanjiri tubuh seperti itu justru malah akan membuat Anda mengalami overhidrasi atau kelebihan cairan. Minum saja secukupnya, tapi jangan tunggu haus.

  1. Tak Sadar Bahwa Air juga Berasal dari Makanan Padat

Sesungguhnya, 20% kebutuhan air harian kita bisa berasal dari makanan padat semisal buah dan sayuran. Dengan kata lain, tak melulu dengan air. Kita juga bisa menghidrasi tubuh dengan buah dan sayuran yang mengandung banyak air, misalnya timun yang memiliki 96,7 persen. Anda juga bisa mencoba semangka, jeruk, mangga atau pir.

Baca juga: Hikikomori, Penyakit Aneh yang Diidap Sejuta Warga Jepang

  1. Menghindari Kafein

Karena mengandung diuretik, kafein bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kopi merupakan sumber air yang bagus dan justru memberi tubuh Anda antioksidan peradangan. Bagi wanita, kopi juga merupakan salah satu pencegah kanker p*yudara. Namun sebagaimana mestinya, minumlah dengan secukupnya dan jangan berlebihan.

  1. Minum Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Jika Anda minum air terlalu banyak sebelum tidur, Anda bisa sering bangun di malam hari untuk buang air kecil. Hindari hal tersebut dengan stop minum setidaknya satu jam sebelum tidur.

  1. Minum dari Botol Plastik

Anda perlu berhenti minum air dari botol plastik. Tahukah Anda, botol mengandung bisophenol A, zat kimia yang bisa berdampak buruk pada kesuburan pria dan wanita, serta berpotensi menyebabkan kanker?

Cara yang Benar adalah…

Lantas bagaimana cara minum air putih yang benar sesuai anjuran ahli gizi dan kesehatan? Mengutip buku Gaya Hidup Organik: Sehat Tanpa Mahal karya Christopher Emille Jayanata dan Ahmad Kholil via BeritaSatu.com, inilah tujuh aturan minum air putih yang benar setiap hari.

  1. Satu gelas pertama saat bangun pagi, sebelum sikat gigi dan makan pagi.
  2. Satu gelas kedua ketika akan berangkat kerja.
  3. Satu gelas ketiga sekitar pukul 11.00 atau di lingkungan kerja dan saat berkegiatan.
  4. Satu gelas keempat sekitar pukul 13.00 atau 30 menit sebelum atau satu jam setelah makan siang.
  5. Dua gelas kelima dan keenam antara pukul 14.00 dan 17.00 atau saat menjelang sore.
  6. Satu gelas ketujuh sekitar pukul 18.00 atau sejam sebelum menyantap makan malam.
  7. Satu gelas kedelapan sekitar pukul 20.00 atau beberapa saat sebelum tidur, minimal satu jam sebelumnya.

Baca juga: Bagi Anggota HTI yang Ingin Bergabung dengan PKS, Ini Persyaratannya

Bagaimana? Apakah sudah sesuai dengan kebiasaan rutin Anda? Jika sudah, selamat! Dengan demikian, kebiasaan sederhana yang Anda praktekkan sudah sesuai ketentuan yang sebagaimana mestinya untuk menjaga kesehatan Anda. Jika belum, mulailah mempraktekkan tips sehat diatas dan dapatkan tubuh yang lebih bugar dengan stamina yang semakin prima. Selamat mencoba!