Ahok Akan Dijebloskan Ke Rutan Klas I Cipinang


SURATKABAR.ID – Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi menegaskan jika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan ditahan usai dinyatakan bersalah oleh hakim.

Seperti dilansir kompas.com, Hasoloan menyebutkan jika penahanan terhadap mantan bupati Belitung Timur tersebut berlaku setelah majelis hakim menjatui vonis dua tahun penjara.

“Sesuai dengan keputusan hakim tadi maka beliau (Ahok) ditahan,” ujar Hasoloan, Selasa (9/5/2017).

Akan tetapi ia tidak menyebutkan di mana Ahok bakal ditahan. Hasoloan menjelaskan jika itu adalah kewenangan dari Jaksa. “Itu kewenangan jaksa, lebih baik tanya jaksa saja,” kata Hasoloan.

Baca Juga: Hakim Ketok Palu! Ahok Divonis Penjara 2 Tahun

Sementara itu, Kasubag Publikasi Humas Ditjenpas, Syarpani menjelaskan jika Ahok bakal dijebloskan ke Rutan Klas I Cipinang.

“Bahwa benar, Ahok ditahan di Rutan Klas I Cipinang pada pukul 12.00 WIB untuk menjalani pidana yang bersangkutan,” kata Kasubag, di Jakarta, Selasa (9/5/2017) dikutip dari detik.com.

Jaksa telah memastikan Ahok akan ditahan usai proses administrasi. Meski demikian, penahanan ini bukan merupakan eksekusi, karena kasus ini belum berkekuatan hukum tetap.

Sebelumnya dikabarkan jika Gubernur DKI Jakarta tersebut dinyatakan bersalah atas dakwaan yang dialamatkan padanya perihal penistaan agama.

“Menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penodaan agama dan menjatuhkan penjara selama 2 tahun,” ujar hakim di persidangan yang laksanakan di Kementerian Pertanian, Ragunan, Selasa (9/5/2017).

Ahon dianggap terbukti secara sah telah melanggar Pasal 156a KUHP. Vonis hakim ini lebih berat dari tuntutan jaksa. Jaksa sebelumnya menuntut Ahok dengan hukuman 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHakim Ketok Palu! Ahok Divonis Penjara 2 Tahun
Berita berikutnyaMengejutkan! Begini Reaksi Lulung Saat Ahok Divonis Penjara