Para Peneliti dari California Sedang Berusaha Menciptakan Layar Smartphone Sehebat Wolverine


© bgr.com

SURATKABAR.ID – Jika Anda pernah menonton film Hollywood berjudul X-Men atau Logan di mana salah satu tokoh utama di film tersebut memiliki kemampuan untuk dapat menyembuhkan dirinya sendiri ketika menderita luka.

Ternyata, mungkin terinspirasi dari sosok Wolverine dalam film X-Men itu, para peneliti dari Department of Chemistry at the University of California, Riverside, sedang berusaha mengembangkan materaial khusus yang nantinya dapat digunakan sebagai layar pada smartphone dan dapat memperbaiki dirinya sendiri ketika mengalami retak atau bahkan pecah.

Memang konsep yang sedang dikembangkan oleh para peneliti tersebut bukanlah hal baru karena pada akhir tahun 2013 lalu, LG telah membuat perangkat mobile bernama LG G Flex yang juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki sendiri bagian belakangnya ketika mengalami cacat dalam hitungan menit saja. Material yang digunakan dalam LG G Flex tersebut adalah berjenis non-conductive sehingga dapat diaplikasikan pada layar.

Namun, seperti yang dikutip dari Mashable (4/4/2017), material yang digunakan oleh para peneliti tersebut benar-benar baru, yaitu transparan, sukar untuk digores, mampu meningkatkan ketahanan baterai dan perangkat elektronik lainnya sampai dengan memiliki kemampuan untuk ‘menyembuhkan’ diri secara langsung.

Chao Wang, selaku salah satu peneliti mengatakan bahwa inovasi mereka tersebut memang benar-benar terinspirasi dari sosok Wolverine yang dapat menyembuhkan diri ketika terluka.

Walaupun sangat bermanfaat, namun material untuk membuatnya sangat murah dan dapat memperbaiki diri ketika mengalami sesuatu dalam waktu 24 jam dengan cara didiamkan di suatu tempat dengan temperatur khusus.

“Dalam 3 tahun lagi, akan ada banyak produk yang dapat menyembuhkan diri mereka sendiri dijual di pasar bebas dan hal itu dapat mengubah kehidupan kita sehari-hari,” ujar Wang.