Jadi Korban Pria Cabul di Bus, Wanita Ini Malah Dibully Netizen


SURATKABAR.ID – Tak jarang, kaum wanita yang disalahkan jika terjadi kasus pelecehan seksual. Banyak yang berpendapat, penampilan seorang wanita di tempat umum merupakan salah satu pemicu terjadinya kejahatan amoral.

Di Malaysia, netizen ramai memperbincangkan sebuah rekaman video yang menunjukkan perilaku amoral seorang pria cabul. Mirisnya, netizen malah menyalahkan gadis dalam video atas apa yang terjadi padanya.

Pemilik akun Facebook Durian Kopi O awalnya mengunggah sebuah video yang menampilkan seorang pria tengah mengambil foto gadis yang tertidur di sebelahnya. Insiden ini diduga terjadi di sebuah bus di Malaysia.

Gadis yang tengah terlelap itu mengenakan kaos berwarna abu-abu dengan potongan ketat. Ia tampak menyandarkan kepalanya ke jendela.

Baca juga: Ibu Bermobil Mewah Ini Mengamuk di Pegadaian dan Kantor PLN

Nah, kesempatan ini digunakan oleh pria itu untuk mengambil foto si gadis. Pria ini juga melanjutkan aksinya dengan memandangi foto-foto yang berhasil di ambilnya. Bahkan, ia dengan sengaja mengambil foto dengan dada si gadis yang menjadi fokusnya.

Sontak, video ini pun mendadak viral dan mengundang beragam komentar dari netizen. Tapi, kebanyakan dari meraka malah menyalahkan di gadis.

Dilansir dream.co.id dari The Coverage, netizen mengatakan bahwa seharusnya gadis itu mengenakan pakaian yang lebih sopan untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti itu.

“Jangan menyalahkan pria itu, gadis itu sendiri yang meminta. Ketika akan keluar dari rumah, seorang perempuan harus berpakaian yang longgar (busana muslim). Lihatlah gadis ini, dari atas ke bawah, pakaiannya semua ketat. Jadi jangan marah ketika ada orang menyentuh Anda,” tulis seorang netizen perempuan, dilansir dream.co.id.

Sementara itu, seorang netizen laki-laki memberikan komentar serupa.

“Tolong minta gadis itu untuk menutupi (tubuhnya). Dia memamerkan tubuhnya untuk semua orang. Laki-laki bukan orang suci, mereka juga memiliki nafsu,” tulisnya.

Meski banyak yang menyalahkan, sejumlah netizen juga membelanya dan mengajukan sebuah argumen.

Baca juga: Soal Pilih Pemimpin Non Muslim, Pendapat GP Ansor Mengejutkan

“Untuk Anda yang mengutuk gadis itu, kalian salah. Pertama-tama, jangan berasumsi bahwa semua warga Sarawak adalah Muslim. Ada banyak non-Muslim yang tinggal di sana juga. Jadi tak ada yang salah jika pakaian mereka tidak Islami. Kedua, jika Anda melihat lebih dekat pada galeri pria itu, Anda akan melihat bahwa gadis tersebut bukan satu-satunya korban. Jika hanya s*ks yang ada di otaknya, pasti ada korban lainnya, tidak peduli seberapa baik Anda menutupi tubuh Anda,” tulis netizen tersebut.

Bagaimana menurutmu? Kamu akan menjadi yang menyalahkan si gadis atau sebaliknya?