Toyota Research Institute Luncurkan ‘Mobil Cerdas’ Jadi Platform Percobaan Testbed


Platform TRI generasi 2.0 yang digunakan sebagai percobaan

SURATKABAR.ID – Toyota Research Institute (TRI) mulai beroperasi akhir Januari dan berfokus pada teknologi R&D yang bermukim di Silicon Valley. Kantor kedua akan direncanakan di Cambridge dekat MIT dan satu lainnya di Ann Arbor dekat Universitas Michigan. Meskipun baru saja aktif satu tahun ini, namun TRI telah mengembangkan uji testbed kendaraan untuk turut membantu perkembangan teknologi otomotif.

Kendaraan baru mengikuti standar keamanan Advanced Active Safety Research membuahkan nomor seri CES 2013. Kendaraan semi-otonom dibuat Lexus LS dan boleh dikatakan sebagai panggung uji bagi pengendara daripada teknologi berkendara.

Generasi kedua kendaraan ini juga berdasarkan Lexus LS namun dirancang untuk memfasilitasi otonomi pengendara yang ingin unjuk kebolehan dan TRI yang merujuk pada sistem Chauffer.

Namun demikian, pihak Toyota mengatakan jika percobaan ini digunakan sebagai perkembangan sistem “Guardian” yang mencakup pengendara kelas kakap. Kendaraan ini mendukung pengendara tersebut dengan adanya monitor di bagian interior dan eksterior untuk memperingatkan pengendara dari bahaya dan membantu menghindari tabrakan, jika diperlukan.

Fitur kendaraan tetaplah sama dengan teknologi pendahulunya, seperti LIDAR, radar dan kamera, namun sistem yang ditawarkan lebih mumpuni dan compact. Toyota juga mengungkapkan jika uji kendaraan generasi kedua ini memiliki sistem antarmuka drive-by-wire, yaitu sistem yang menggantikan cara kerja throttle yang awalnya memakai kabel, kali ini sensor yang dihubungkan dengan pedal gas dan throttle valve pada intake manifold yang akan digunakan.

“Mobil cerdas didesain dengan mengikuti tren kebiasaan pengendara dan akan memberikan manfaat dari inteligensi yang didapat dari mobil-mobil terdahulu, menggunakannya sebagai pengumpulan data dan konektivitas teknologi agar terhindar dari kecelakaan”, kata Gill Pratt selaku CEO TRI.

Generasi kedua yang sangat memperhatikan standar keamanan ini telah dikenalkan pekan lalu (27/3) pada acara Prius Challenge TRI di Sonoma, California.